|

Dishub Kepsul Gelar PKB Semester I


SANANA- Dinas perhubungan Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) menggelar Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) semester I, di Terminal Pasar Basanohi Sanana, Kamis (05/9).

Petugas pengujian, M. Ikbal Umasugi, mengatakan, kegiatan pengujian ini di lakukan berdasarkan UU Nomor 22 tahun 2009, tentang pengujian kendaraan secara berkala. Sehingga, setiap 6 bulan Dinas Perhubungan wajib menggelar pemeriksaan kendaraan.

Pemeriksaan tersebut mengarah pada 5 jenis kendaraan. Namun, di Kepsul hanya ada 3 jenis kendaraan  diantaranya, mobil angkutan umum, mobil angkut barang, dan truk.

Jadi lanjut Ikbal, dalam pengujian, item yang di periksa adalah pedal rem serta lampu depan kendaraan. Olehnya itu, jika ada bentuk stiker yang tertempel di bodi mobil. Maka, pertanda bahwa kendaraan tersebut telah selesai diperiksa.

Tambah Ikbal, pengujian kendaraan bermotor itu bukan diuji di kendaraan sepeda motor. Akan tetapi hanya diperuntukan bagi kendaraan roda empat. Menurutnya, ada kendaraan bermotor dan juga kendaraan tidak bermotor. Yang dimaksudkan kendaraan bermotor itu adalah kendaraan menggunakan mesin.

"Jangan salah pengertian ya, kendaraan bermotor itu adalah kendaraan yang berjalan menggunakan mesin, "jalasnya.

Sementara, sopir mobil angkutan umum, sebut saja Iwan, saat di temui Reportmalut.com menuturkan, adanya pemeriksaan kendaraan yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan ini, sangat bagus.

Sebab, lanjut Iwan, hal ini karena jangan sampai ada kendaraan yang hendak melintasi keluar kota lalu pedal rem dan sebagainya mengalami masalah, yang sama-sama tidak diinginkan.

 "Iya sangat bagus, agar jangan sampai ada kendaraan yang sudah tidak layak untuk menempuh jarak jauh tetapi dipaksakan. Bisa berbahaya, " tandasnya. (KS)
Komentar

Berita Terkini