|

Pekerja Tambang PT. Adidaya Tangguh Taliabu Kehilangan Tangan dan Kaki

Foto: Korban Saat Dievakuasi 
TALIABU-Nasib naas harus diterima oleh beberapa karyawan PT. Adidaya Tangguh. Salah satu karyawan bahkan kehilangan tangan dan kaki, sedangkan dua korban lainnya belum ditemukan.

Kondisi ini terjadi saat kapal yang sedang melakukan pemuatan material besi terbalik di perairan Dermaga Tambang Port Tolong Kabupaten Taliabu, sekitar pukul 13.30 Wit, Rabu (26/06)

Berdasarkan Informasi yang dihimpun  Reportmalut.com, disertai keterangan foto, menunjukan salah satu korban luka berat dalam kondisi memprihatinkan. Kejadian ini juga diakui salah satu rekan korban yang tidak mau namanya dipublish  mengatakan bahwa memang benar telah terjadi kecelakaan.

Kata dia (pekerja red), kapal yang melakukan pemuatan material besi terbalik perairan Dermaga Tambang Port Tolong. Korban luka berat 1 orang, dan saat ini 2 orang ABK Kapal Tongkang tersebut belum ditemukan. Sementara, korban luka sudah dibawa ke Rumah Sakit Luwuk Sulawesi Tengah.

"Korban Luka berat itu karena kaki sebelah kanan putus sampai bagian lutut, dan tangan kiri putus sampai siku," ungkap pekerja yang tidak mau sebut namanya itu.

Sementara Rahman Latuconsina, SH Presedium AMPDI yang juga Aktivis Tambang pada Forum Komunikasi Masyarakat Lingkar Tambang (FKMLT) mengatakan. "terkait kecelakaan ini, mari kita sama-sama menunggu keterangan resmi perusahaan. Saya juga sudah melakukan crosscek, sementara mereka masih melakukan investigasi", ujar Rahman.

Banyak pihak mengatakan bahwa kejadian seperti ini bukan sekali terjadi di Tambang Taliabu, untuk itu harus dipertayakan soal safety first dan keselamatan kerja.

Rahman menambahkan, sangat disayangkan jika hal seperti ini tidak mendapat perhatian. Harusnya, sejak awal Pemda harus bersama-sama merumuskan kebaikan bersama perihal adanya tambang di Taliabu.

"Dari tingkat keselamatan kerja, serikat pekerja dan lain sebagainya termasuk masyarakat sekitar tambang, sehingga tercipta keadaan yang baik serta membawa keberkahan buat semua dengan adanya aktivitas penambangan disana" tegasnya (KS).
Komentar

Berita Terkini