-->
    |


Wabub Kepsul Pimpin Upacara HKN ke-57

Reportmalut.com,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sula menggelar upacara Hari kesehatan Nasional (HKN) ke-57 Tahun 2021 yang berlangsung  di Istana Daerah Kepsul pagi tadi, Jum'at (12/11).

Dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati M. Saleh Marasabessy sebagai pembina upacara HKN ke-57 Tahun 2021 sekaligus membacakan sambutan Menteri kesehatan Republik Indonesia.

Wakil bupati saat membacakan sambutan tertulis Menteri Kesehatan Budi G. Sadikin menyampaikan pandemi Covid-19 telah mengguncang sistem kesehatan global, kendaraan menuju dunia yang aman dan sehat serta menghantarkan pada dua pilihan yaitu mempertahankan status quo atau memilih perubahan.

Status quo telah membawa pada berbagai masalah kesehatan yang tak kunjung reda diantaranya para ibu dan bayi yang harus wafat selama proses kehamilan dan melahirkan, balita berperawakan pendek akibat stunting yang harus kehilangan potensi kecerdasan seumur hidupnya, masyarakat tua dan muda yang menderita bahkan wafat akibat penyakit menular seperti tuberculosis, HIV, malaria maupun akibat penyakit tidak menular seperti diabetes, hipertensi, dan penyakit jantung.

Lebih lanjut, Indonesia terus melakukan perbaikan agar pandemi Covid-19 menjadi terkendali. Sebagaimana diketahui, kasus Covid-19 telah menurun drastis, dari puncaknya di bulan Juli 2021 yang mencapai 56.000 kasus per hari, hingga kini berada di kisaran 500 kasus per hari. Keterisian tempat tidur Covid-19 juga kini sangat rendah di kisaran 3%.

Kita patut bersyukur, namun juga tetap waspada dalam kegiatan pribadi maupun keluarga serta kelompok lainnya. Sebentar lagi kita menyambut libur Natal dan tahun baru. Ingat, Covid-19 masih ada di tengah kita. Melalui pengalaman yang lalu, kita belajar bahwa lonjakan kasus terjadi setelah libur panjang. Ketika banyak orang berkumpul disitulah Covid-19 menyebar.

Saleh juga mengingatkan agar tetap mengikuti protokol kesehatan sesuai himbauan pemerintah, disiplin memakai masker, segera melakukan vaksin bagi yang belum, dan tetap menjalankan testing & tracing pada orang yang bergejala dan kontak erat.

"Langkah-langkah itu harus terus kita dorong agar seluruh masyarakat secara konsisten dan disiplin melakukannya. Ketiga langkah tadi, yaitu protokol kesehatan atau 3M, surveilans atau 3T (testing, tracing, treatment), dan vaksinasi," lanjut Wabub.

Ketiga langkah tersebut sangat diperlukan agar Indonesia dan khususnya kepsul bisa menekan angka positif COVID-19 di masa liburan Natal 2021 dan Tahun Baru 2021 serta liburan Lebaran berikutnya.

Perlu diketahui bahwa, selain upacara HKN ke-57 Tahun 2021, Pemda kepsul melakukan kegiatan Vaksin dan Sunatan massal, pengobatan gratis, jalan pagi, Doorprize, Senam gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) serta pengukuhan kedua duta Vaksinasi Kepsul yang diantaranya, 1. Suharmi Buamona, kelas XII SMA Negeri Gay Fuata. 2. Nyimas Salsabila Febrianti XII mipa6 SMA Negeri 1 Kepulauan Sula. (KS).

Komentar

Berita Terkini