-->
    |



Tarian Khas Daerah Tampil Meramaikan HUT Kepsul Ke-21 Tahun


SANANA, Reportmalut.com - Tiga tarian khas Kepulauan Sula (Kepsul) ditampilkan di acara puncak HUT Kapsul ke 21 tahun. Tarian tersebut diperagakan dalam rangka penjemputan para tamu undangan di pintu utama gerbang Istana Daerah, Desa Fagudu, Kecamatan Sanana, Jumat (31/5/2024).

Persembahan tiga  tarian asli Sula yakni tarian Gambus, Ronggeng gala, dan Laka Baka.

 Berdasarkan pantauan media ini, sekitar pukul 08.22 WIT, tarian khas Sula diperagakan oleh putra-putri Sula dengan diiringi bunyi suling dan gendang serta nyanyian lagu daerah untuk menjemput para tamu undangan.

Kordinator peserta tarian,, Alfarabi Umaternate, mengatakan tiga tarian tradisional asli Sula itu, ditampilkan sebagai bentuk suka cita merayakan HUT Kapesul ke-21.

"Ini sesuatu yang baru di HUT Kepsul. Biasanya acara HUT itu para tamu undangan datang itu kan langsung masuk saja, tanpa di iringi apapun,” ucap Alfarabi.

 Menurut dia, dengan adanya tarian Gambus, Ronggeng Gala, dan Laka-Baka dalam penjemputan para tamu undangan merupakan keistimewaan tersendiri.

"Tapi ini kita mau ciptakan kesan yang berbeda, karena ini kita punya hari besar maka seluruh para tamu undangan kita menghargai dengan menyegukan persembahan tarian Gambus, Ronggeng gala, Laka Baka, khas Sula,” jelas Alfarabi.

Bahkan, tambahnya ke tiga tarian ini juga sempat ditampilkan pada Hari Ulang Tahun Indonesia tahun ke 78 tahun 2023 kemarin di Istana Negara RI.

"Ini juga kemarin kita tampilkan di Istana Negara, nah kita mau mencoba refleksi kembali pada masyarakat Sula,"Ungkapnya. (Noah).



Komentar

Berita Terkini