-->
    |


Calon Bupati Sula, Dokter Victor : Mendorong Peningkatan Kualitas SDM Indonesia Tidak Terlepas dari Strategi Pembangunan Manusia

Pemaparan Pembangunan Keluarga kepada Kepala BKKBN Hasto Wardoyo dan Kemenko PMK Muhadjir Effendy

JAKARTA, Reportmalut.com-Pasca Rapat Kerja Nasional (Rakenas) BKKBN tanggal 25 Maret 2024, BKKBN mendapat respon yang baik dalam rencana strategi dan kinerja beberapa tahun terakhir ini. Berbagai upaya untuk menekan angka Stunting Indonesia bukan hal mudah, dibutuhkan keseriusan menjalankan strategi yang telah direncanakan sebagai indikator peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia.

Reportmalut. com mengonfirmasi Dokter Victor Via Whatsapp, terkait isu strategis apa saja yang menjadi perhatian khusus saat Rakernas BKKBN, dokter Victor adalah merupakan calon Bupati Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) yang saaat ini menduduki jabatan Kepala Biro Umum dan Hubungan Masyarakat BKKBN RI merespon dengan memberikan komentar bahwa isu strategi yang menjadi perhatian khusus ialah peningkatan kualitas SDM Indonesia.

"Adapun dengan mempertimbangkan beberapa isu strategis, yang menjadi perhatian khusus saat ini terutama terkait dengan Pertumbuhan Penduduk Seimbang (antara kualitas dan kuantitas)" Bebernya.

Lanjut  mantan Direktur Bina Ketahanan Remaja BKKBN RI ini, bahwa perwujudan keluarga berkualitas bekontribusi signifikan pada bidang kesehatan dalam hal Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi. Hal ini meliputi peran penting dalam upaya penghapusan kemiskinan ekstrem dan percepatan penurunan stunting.

BKKBN sudah menyiapkan berbagai strategi untuk sejumlah isu strategis, dirinya menekankan agar kita secara serius merespon bonus demografi yang sudah di mulai (maju 10 tahun). 

"Kita sangat serius dan fokus dalam merealisasikan berbagai rencana kami menggunakan sejumlah strategi yang mumpuni, tentunya berbagai program dan kegiatan akan dilaksanakan untuk memetik keuntungan bonus demografi sebagai bentuk kontribusi BKKBN dalam mempersiapkan strategi Pembangunan Kualitas SDM dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045 nanti," Ujarnya.

Olehnya itu, Rakernas Tahun 2024 BKKBN mengambil Tema, “Optimalisasi Bonus Demografi dalam Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia menuju Indonesia Emas 2045”.

Dengan tujuan secara umum, lanjut Dokter Victor,  demi untuk meningkatkan sinergitas pemangku kepentingan Program Bangga Kencana, baik di tingkat pusat, provinsi maupun tingkat kabupaten/kota serta para mitra strategis lainnya. 

"Ini merupakan upaya kami mengoptimalkan pemanfaatan bonus demografi sebagai variabel utama dalam upaya peningkatan kualitas SDM Indonesia guna menuju Indonesia emas di tahun 2045,".

Terkait dengan peningkatan Kualitas SDM di Kabupaten Kepulauan Sula, pria yang lahir dan besar di Sula ini mengungkapkan bahwa, strategi dan program harus dimulai dari pembangunan keluarga karena keluarga merupakan unit terkecil dari suatu bangsa. Sehingga kualitas SDM suatu bangsa digambarkan oleh kualitas keluarga.

"Kesehatan gratis, pendidikan gratis, dan makan siang gratis merupakan strategi pembangunan keluarga masyarakat Sula yang Sejahtera. Dan saya akan merealisasikan itu semua jika di percaya masyarakat Sula memimpin Kabupaten Kepulauan Sula 2024-2029," Tutup Dokter Victor. (BBs)

Komentar

Berita Terkini