-->
    |


MARS Tuntut Agar Pemkot Ternate Mengevaluasi Kinerja BLH


Ternate -  Komunitas Mencintai Alam dengan Gerakan dan Sains (MARS) mengelar aksi di depan kantor Walikota Ternate (26/10). Aksi tersebut dilakukan dalam rangka mengevaluasi kinerja BLH di lapangan yang di anggap kurang optimal.

Penanganan sampah yang belum baik dan reklamasi pantai yang terus dilakukan merupakan masalah serius bagi BLH untuk di sikapi. Hal ini karena jika dibiarkan maka akan berdanpak buruk bagi masyarakat Kota Ternate Khususnya dan Maluku Utara umumnya.

Dalam sikapnya MARS mengungkapkan bahwa banyak sekali permasalahan sampah seperti penumpukan sampah yang ada di Kelurahan Makassar Timur yang cenderung diabaikan.

Jika keadaan itu diabaikan maka dapat berakibat fatal pada masyarakat apalagi jika musim penghujan tiba yang dapat mengakibatkan banjir. Belum lagi efek penumpukan sampah tersebut dapat mempengaruhi kesehatan lingkungan utamanya kesehatan Ibu dan anak.

Kordinator aksi Alfian saat di wawancarai oleh reportmalut mengatakan bahwa “aksi yang kami lakukan atas dasar kepedulian kami dalam menyikapi persoalan linkungan. semua persoalan lingkungan harus di sikapi dengan baik terutama pengelolaan sampah dan reklamasi pantai. Sebab bila tak di sikapi dengan baik maka akan membahayakan nyawa masyarakat. Bencana yang sering kita alami tak luput dari tindakan kita yang lalai sebagaimana QS Ar-Rum:41 Dan kenampakan kerusakan di darat dan di laut itu ulah tangan manusia” ucapnya.

Dia juga menambahkan agar “Walikota Ternate segera mengevaluasi kinerja BLH yang belum optimal dalam menangani persoalan lingkungan terlebih pengelolaan sampah yang belum baik dan masalah reklamasi yang sewaktu-waktu akan membahayakan masyarakat sekitar”.

Salah satu orator dalam orasinya mengatakan “semua bencana yang terjadi di seluruh Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang kita saksikan di media masa merupakan ulah tindakan manusia itu sendutu. Untuk itu jangan sampai kejadian yang di alami tersebut terjadi di masyarakat kita hanya karena permasalahan yang di abaikan”

Dalam aksi tersebut, MARS  membawa 3 point tuntutan kepada walikota Ternate yaitu, mengoptimalkan kinerja BLH, menangani permasalahan sampah dan menghentikan program reklamasi pantai (ima).
Komentar

Berita Terkini