|

Abaikan Pesan Siswa ke Bupati, Akademisi STKIP Minta Kadis Pendidikan Kepsul di Copot


SANANA- Akademisi STKIP Kie Raha Ternate, Muhammad Iksan B. Aly, meminta Bupati Hendrata Thes segera mencopot Kadis Pendidikan Nasional (Kadiknas) Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), Ishak Umamit dari jabatannya. Hal itu disoroti Iksan karena lemahnya sikap Kadis setelah melakukan monitoring ke SMP Satap Wailoba yang hingga kini, proses belajar mengajar tidak efektif.

Iksan mengatakan, penyelenggara pendidikan dalam hal ini Dinas Pendidikan Kepsul harus bertindak tegas, karena keaktifan dan kelancaran pendidikan di sekolah tergantung penyelenggara pendidikan itu sendiri terutama Kepsek dan guru.

Tambah dosen muda itu, Amanah UUD sangat jelas menerangkan warga negara berhak dan wajib mendapatkan pendidikan yang layak. Maka dari itu, kiranya kepala pemerintahan dalam hal ini bupati, agar bertindak tegas dan berani mengambil keputusan untuk menggantikan Kepsek demi kelancaran proses pembelajaran.

"Harusnya bupati mengambil langkah, karena ini soal SDM di Kepsul, " tandas Mantan ketua BEM itu kepada reportmalut.com, Rabu (30/10).

Dalam amatan Reportmalut.com, beberapa hari lalu di SMP Satap, kondisi sekolah tak berpenghuni, akibat Kepsek Abdullah Kedafota, tidak berada di sekolah alias mangkir dari tanggung jawab.

Padahal, sejumlah siswa telah mengeluh sekaligus berpesan kepada Bupati melalui Iksan Umamit sewaktu melakukan monitoring ke SMP Satap Wailoba agar dapat memperhatikan kondisi proses belajar mengajar yang saat ini dihadapi mereka.

Rudi salah satu murid menuturkan, mereka sering kali tidak belajar karena hanya terdapat dua orang guru honorer di sekolah.

Itupun, kata Rudi, mereka berdua juga jarang masuk sehingga banyak mata pelajaran belum diajarkan dan sangat ketinggalan " Kami jarang dapat pelajaran dari pak guru dan Ibu guru, " ujarnya. (KS)
Komentar

Berita Terkini