|

Bangunan Baru SD Inpres Waikadai Jadi Sarang Burung Walet


Taliabu- Bangunan SD Inpres Waikadai, Kecamatan Taliabu Timur, Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab) terbengkalai. Bagaimana tidak,  bangunan yang di bangun Tahun 2016 sampai 2019 ini jauh dari kata rampung. Bahkan, bangunan yang menggunakan APBD itu tidak tertera papan informasi. Mirisnya, bangunan tiga lokal itu saat ini telah menjadi sarang burung Wallet.

Diketahui bangunan yang terdiri dari tiga lokal itu di kerjakan oleh Kepala Sekolah SD Inpres Waikadai, Hamida. A. Guli. Anehnya, pembangunan tersebut tidak ketahui oleh masyarakat mengenai besaran anggaran yang digunakan.

Hal ini dibenarkan oleh salah satu warga Desa Waikadai yang tidak mau namanya di publis kepada Reportmalut.com, Senin (21/10). Dirinya menuturkan, bahwa sudah hampir 3 tahun, pekerjaan bangunan SD Inpres Waikadai tak kunjung selesai.

Justru, kata dia, bangunan ini bukan di tempati oleh siswa untuk aktivitas belajar mengajar, melainkan di tempati ratusan burung Wallet.

"Lucunya bangunan tersebut tidak ditempati  oleh siswa, tetapi ratusan Wallet menjadikan bangunan sekolah ini sebagai sarangnya", ungkapnya

Sebenarnya lanjut dia, bangunan yang belum terselesaikan itu sudah membuat masyakat setempat resah. hanya saja, mereka terkendala akses baik itu dari transportasi, komunikasi, serta jauh dari pusat pemerintahan.

" Masyarakat tidak berdaya akibat lemahnya akses penunjang. Sehingga, kami tidak bisa mengeluhkan kondisi pendidikan anak-anak kami ke pemerintah" ujarnya.

Saat ini untuk menjamin terselenggaranya proses belajar mengajar, para siswa menggunakan bangunan darurat yang dibangun atas inisiasi pemerintah desa. Sementara, bangunan sekolah lainnya sedang dalam proses rehab. " Kami berharap pemerintah daerah khususnya Dinas Pendidikan mengawal pembangunan tersebut agar secepatnya diselesaikan, " harapnya. (KS)
Komentar

Berita Terkini