|

TPID Cluster Bacan Menggelar Kegiatan Pencegahan Stunting


Halsel-TPID Cluster Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan menggelar Kegiatan Pelatihan Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) dengan Tema " Cegah Stunting Wujudkan Generasi Sehat dan Cerdas". Kegiatan ini dilaksanakan di  Gedung Serba Guna Desa Labuha (15/10).

Turut Hadir Kadis DPMD DRS. Bustami Suleman, MS.i, Kadis Kesehatan, dan Tenaga Ahli P3MD serta 74 Desa di 9 kecamatan yakni Kecamatan Bacan, Bacan Selatan, Bacan Barat, Mandioli Selatan, Mandioli Utara, Kep. Botangloman, Kep. Jouronga, Kasiruta Timur dan Kayoa Barat.

Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan pencegahan Stunting sesuai dengan peraturan Mentri Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2019 Pasal 6 ayat 1 dan 2.

5 paket layanan Pemberantasan Stunting menjadi point penting pada kegiatan ini diantaranya, Kegiatan PAUD, Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), Konseling gizi terpadu, perlindungan Sosial serta Air bersih dan Sanitasi.

Kadis DPMD, DRS. Bustami Suleman, MS.i, dalam sambutannya berpesan agar bekerja bersama melakukan pencegahan stunting 2020 dengan kegiatan pembangunan air bersih, pembangunan MCK, pembangunan drainase dan kegiatan Posyandu.

Sementara, Ketua Panitia, Ma'ary's mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini  agar dapat memberikan referensi yang cukup kepada pemerintah desa, Kader Pembangunan Manusia (KPM) maupun seluruh pemangku kepentingan di desa untuk bisa bersama- sama menangani bahaya Stunting di tingkat desa masing-masing.(fy)

Komentar

Berita Terkini