|

Persiapan Akreditas Puskesmas di Morotai

Persiapan akreditas bersama tim pemdamping akreditas.


Morotai - Persiapan Akreditasi puskesmas malam ini (03/09) bertempat di Puskesmas Sangowo dan dihadiri langsung oleh Kadiskes Kab. Pulau Morotai.

Persiapan Akreditasi tersebut dengan tujuan mengkaji standar seberapa bermutukah sarana prasarana dan pelayana Puskesmas terhadap pasien.

Rapat yang di hadiri langsung oleh Kadiskes Morotai dr. Victor Palimbong dan Tim Bimbingan akreditas Puskesmas ini menelaah beberapa hal penting terkait persiapan dan kesiapan Puskesmas yang harus dan terus berbenah memperbaiki kelemahan-kelemahan dalam menyelenggarakan kegiatan dan pelayanan.

Kadiskes saat dikonfirmasi, membenarkan bahwa ada banyak hal yang dihadapi menjadi tantangan dalam proses berbenah, menuju Puskemas yang terakreditasi.

Usai rapat persiapan akreditas di puskesmas setempat


"Semakin tinggi nilai akreditasinya maka akan semakin baik pula kualitas pelayanannya. Puskesmas harus menentukan dimana area prioritas fungsi dan proses pelayanan atau kegiatan mana yang perlu dibenahi. Karena sasaran dari persiapan akreditas adalah seluruh puskesmas Terakreditasi 'Paripurna' yaitu tingkat akreditasi yang belum pernah diperoleh di malut" papar Kadiskes Morotai

Selain itu, harapan akan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan kepuasan pasien terhadap pelayanan diseluruh puskesmas di Kab. Pulau Morotai
Menghadapi akreditasi puskesmas, sebelumnya dilakukan di puskesmas Wayabula bersama tim pendamping akreditas. Untuk menghadapi Akreditasi Puskesmas ada banyak hal yang harus dibenahi terkait Manajemen dan Pelayanan Puskesmas.

"Hal yang wajib dilakukan oleh Puskesmas adalah tertib administrasi dalam penyelenggaraan pelayanan. Pelayanan harus se-efektif dan se-efisien mungkin dilaksanakan tentu dengan menjaga mutu pelayanan" tutup Kadiskes Morotai. (Bs)*

Komentar

Berita Terkini