-->
    |


393 Orang Positif Terjangkit HIV/AIDS di Kota Ternate

Kadis Kesehatan, dr.Fathia Suma

TERNATE- Tercatat sebanyak 393 orang terjangkit HIV/AIDS di Kota Ternate. Hal ini dibenarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Ternate, dr. Fathia Suma. Dirinya mengatakan bahwa saat ini di Kota Ternate sudah ada 393 orang yang positif HIV.

"Immunodeficiency Virus (atau disingkat HIV) yaitu virus yang memperlemah kekebalan pada tubuh manusia. Orang yang terkena virus ini akan menjadi rentan terhadap infeksi oportunist ataupun mudah terkena tumor.

Meskipun penanganan yang telah ada dapat meperlambat laju perkembangan virus, namun penyakit ini belum benar-benar bisa disembuhkan.

HIV/AIDS dan virus-virus sejenis umumnya ditularkan melalui kontak langsung antara lapisan kulit dalan membran (mokusa) atau aliran darah dengan cairan tubuh yang mengandung HIV seperti darah, air mani, cairan vagina, cairan preseminal, dan air susu ibu.

"Sebanyak 393 orang yang sudah positif terinfeksi HIV, dan populasi yang lebih besar di Kota Ternate adalah laki-laki dibandingkan perempuan, namun populasi terbesar ada pada Ibu Rumah Tangga (IRT)," ungkap dr Fathia, Kamis (8/11/2018). 

Kata dia, Kasus HIV/AIDS yang terdeteksi pada ibu rumah tangga yang hamil menjadi bukti bahwa ada laki-laki yang melakukan hubungan seksual tanpa kondom dengan wanita pekerja malam.

"Itu artinya sudah terjadi penyebaran HIV/AIDS di Kota Ternate melalui laki-laki yang menularkan HIV ke wanita pekerja malam dan laki-laki yang tertular HIV dari wanita pekerja malam," terang dr Fathia sembari menyebut masalah ini sulit ditanggulangi sebab transaksi seks terjadi sembarang waktu dan di sembarang tempat. 

Hal ini lanjutnya, dikarenakan wanita pekerja malam atau dikenal sebagai Pekerja Seks Komersial (PSK) dalam melakukan transaksi seks tidak bisa kita diketahui dengan pasti kapan dan di mana mana.

"Memang ada yang dilakukan di tempat-tempat tertentu, seperti panti pijat plus-plus, tapi ini juga terselubung sehingga tidak bisa dilakukan intervensi," tambahnya.(ks).
Komentar

Berita Terkini