|

Nurlaila Syarif : DPRD Kota Ternate Mendorong Program Gerakan Literasi Dan Minat Baca


Ternate-Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Ternate Nurlaila Syarif membuat program baru yakni Gerakan literasi dan minat baca di Kota Ternate, saat di konfirmasi awak media, Minggu (25/11/18).

Kota Ternate masih minim indeks membaca, maka dibutuhkan solusi yang tepat untuk memberikan masukan dari program yang akan di jalankan. Ungkapnya

Program ini sudah dikonsultasikan dengan Kemendikbud sehingga mendapatkan solusi dan arahan dari mereka. Dan, menurut Kemendikbud melalui Badan Pelatihan Pusat dan Balai Bahasa dalam program tersebut akan ada program bengkel sastra. Bengkel sastra ini akan menginisiasi para guru sehingga meningkatkan minat literasi lewat tulisan dan sastra guru. 

Sehingga, cerpen, novel dan sebagainya  dapat dijadikan bahan ajar dan bisa dikaryakan dalam bentuk modul. Selain itu, program ini juga akan di ikuti dengan pelatihan mengajar yang bertujuan untuk menimbulkan minat baca dikalangan peserta didik. Lanjutnya

kata Nela dari politisi partai NasDem ini,di Maluku Utara sudah memiliki perwakilan untuk melanjutkan program tersebut di Dikbud. Sehingga program ini bisa dilaksanakan karena sudah diusulkan oleh  oleh Komisi III bahwa di Kota Ternate harus ada program Badan Sastra. 

"Dan program ini harus memakai Dana Alokasi khusus (DAK). Jadi prinsipnya pemerintah Kota itu kan dapat alokasi anggaran di Tahun 2019. Karena selama ini program Badan Bahasa hanya tersentuh di kegiatan literasi tidak ada kepada guru. Maka dari itu harus di tingkatkan secara keseluruhan,"ujarnya. 

"Oleh karena itu, untuk mengsukseskan program ini, akan ada pelatihan minat baca di Kota Ternate dan target pelatihan ini akan di lakukan pada tanggal 28 atau 29 November, agar masyarakat dan siswa maupun Mahasiswa bisa belajar bersama dengan apa yang di laksanakan,"tutupnya (Ks)

Komentar

Berita Terkini