|

Dinkes Sula Belum Memiliki Data Terbaru HIV/AIDS


Sanana-Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara dr. Ilmi Husen Kepada ReportMalut (12/12) mengatakan bahwa pihak Dinas Kesehatan belum memiliki data terbaru berkaitan dengan HIV/AIDS. Adapun data HIV/AIDS yang dimiliki Dinkes Kep. Sula hanyalah data-data yang lama namun kepada awak media mengatakan bahwa pengelola data masih sedang bertugas ke Jakarta sehingga untuk mengungkapkan data lama yang tengah dimiliki pihak Dinkes harus menunggu yang bersangkutan.

Menurutnya, Dinas kesehatan adalah  perpanjangan tangan ke Puskesmas, ketika orang yang berpenyakit atau orang yang sedang bergejala HIV meskipun belum sampai pada tingkat AIDS tentunya yang bersangkutan sudah mengetahui lebih awal.

Lebih lanjut seseorang yang bergejala biasanya cenderung merasa malu secara personal dan akan mengambil langkah untuk memeriksa dirinya ke dokter praktek. Setelah diperiksa, tindakan lanjutan dari dokter praktek adalah dirujuk ke salah satu Rumah Sakit dan pihak Dinkes baru dapat mengupdate data-data setelah diberikan oleh pihak rumah sakit. Cetusnya.(Hul).

Komentar

Berita Terkini