|

Dirut RSU Sula Bantah Pasien Meninggal Akibat Pemadaman Listrik


SANANA- Pemadaman Listrik yang terjadi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) disinyalir menjadi penyebab seorang pasien kehilangan nyawa. Kondisi ini terjadi ketika pasien yang bernama Nurfaifa Kailul (11) yang mendapat perawatan di Ruang ICU disaat yang sama, terjadi pemadaman listrik pada pukul 01.13 sampai 01.27. Pasien sendiri meninggal pukul 01.25. Jumat (17/05)

Keluarga pasien yang berada di rumah sakit merasa kesal dengan adanya pemadamam listrik ini. " listrik di RSU padam, kenapa pihak rumah sakit tidak cepat mengambil tindakan untuk menyalakan listrik, anak kami sekarang berada di ruang ICU," Teriak salah seorang keluarga pasien.

Dalam amatan Reportmalut.com. di lokasi RSUD, keluarga pasien berusaha menghubungi penjaga mesin genset RSUD, agar secepatnya menyalakan listrik. Namun, setelah dinyalakan kondisi pasien justru sudah semakin kritis.

Namun, menurut diagnosa dokter yang di sampaikan oleh direktur RSUD, dr. Ifan Sangaji menjelaskan bahwa pasien tersebut telah mengalami infeksi di sistem saraf otak dan pasien sudah tidak sadar ketika masuk di ICU.

" Memang benar jika listrik padam, pasien pasti merasa terganggu, tetapi pasien yang dirawat diruang ICU itu tidak menggunakan oksigen sentral yang bergantung dengan listrik akan tetapi menggunakan oksigen tabung. Sehingga, pasien yang meninggal di ruang ICU itu tidak ada hubungannya dengan pemadaman listrik," Ujar Ifan.

Tambah Ifan, siapapun dia jika listrik padam, tetap tidak akan merasa nyaman, apalagi ketika ada keluarga mereka yang sementara mendapat perawatan di RSU.

Menurut Irfan, sebelumnya pihak RSUD sudah melakukan kordinasi dengan pihak PLN Sanana terkait dengan jaminan listrik di RSUD beberapa waktu lalu. Pihak PLN sendiri sudah datang untuk melihat kerusakan mesin, dan ternyata mesinnya mengalami kerusakan di bagian Dinamo dan ofer spitnya sehingga mesin tidak berfungsi secara otomatis.

"Biasanya jika mesin listrik rumah sakit padam maka secara otomatis mesinnya akan nyala otomatis," ujar Ifan kepada Reportmalut.com, Minggu(19/05).

Sekedar diketahui, sebelum pasien dirawat di RSUD, pasien sempat menderita demam dan muntah-muntah dan kondisinya tidak kunjung membaik, sehingga pihak keluarga mambawanya ke RSUD.(KS)
Komentar

Berita Terkini