|

Anggaran 5 Milyar Jalan Waitinagoi-Wailoba Sebatas 13 KM


SANANA-Anggaran proyek jalan Waitinagoi-Wailoba, Kecamatan Mangoli Tengah, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) ternyata telah dicairkan sebesar Rp. 5 milyar, seperti disampaikan oleh Direktur PT. Amarta Mahakarya, Abraham. Namun, nyatanya pekerjaan jalan 16 Kilometer itu di duga masih terbelengkai.

Pasalnya, anggaran tersebut, baru diselesaikan dengan pekerjaan jalan sepanjang 13 KM tanah ke sirtu pada Maret 2019, dan belum mencapai 16 KM. ungkap Abraham belum lama ini.

Abraham mengatakan, pekerjaan jalan Waitinagoi-Wailoba sepanjang 13 Kilometer sudah selesai pada Maret 2019. Sedangkan sisa pekerjaan jalan sepenjang 3 kilometer pihaknya hanya membantu menyelesaikan hingga masuk di Desa Wailoba.

"Iya memang 3 KM itu kami bantu untuk selesaikan sebab, anggaran sisa 50 persen itu nanti dicairkan pada anggaran perubahan 2020. Kami akan bantu sirtu sampai selesai," katanya.

Abraham sendiri akan menuntut haknya di Satker Dinas PUPR untuk mencairkan  sisa anggaran 50 persen setelah semua pekerjaan sudah diselesaikan. Menurutnya, sisa anggaran 50 persen bisa cair tapi masuk pada anggaran APBD perubahan 2019, ujar orang kepercayaan Bupati Hendrata Thes ini.

Namun, Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas PUPR Kepsul mengatakan, Pekerjaan itu masih sedikit bermasalah, persoalannya kiri kanan gunung di sertai batu."jadi kalau ada yang berteriak jalan itu lumpuh, memang kondisi alam seperti itu. Ujarnya

"Belum lama ini juga longsor dan sudah kita perbaiki tapi itu akan sama saja karena sekitar itu tebing ditambah, sumber air juga disitu. Yang penting kita sudah berusaha, karena kami juga tidak mau ambil resiko, sebab segala usaha kita sudah lakukan,” kata Isnain Masuku kepada media ini pada Selasa (25/6/2019) lalu.

Isnain juga megakui, anggaran dari Rp 11.560.236.590,00 baru cair 50 persen dan sisa 50 persennya lagi akan dibangun dilanjutkan di pembangunan tersebut tapi tergantung dari kondisi lapangan." Kalau kondisi lapangan tidak memungkinkan berarti anggaran tersebut dikembalikan ke kas Negara atau Kas Daerah, Jelas Isnain,"ujarnya.(KS)
Komentar

Berita Terkini