-->
    |


Kepala BNN Provinsi Malut Ajak Pemda Kepsul Bentuk Kelompok Sadar Narkoba


SANANA-Rapat optimalisasi peran Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula dalam upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) bersama Kepala BNN Provinsi Maluku Utara, Brigjen Pol. Drs. Edi Swasono di hadiri oleh unsur kepala Forkompimda, Kepala SKPD dan camat se- Kabupaten Kepulauan Sula yang bertempat di Aula Istana Daerah Kabupaten Kepulauan Sula, Rabu (18/12).

Bupati Kepsul, Hendrata Thes Hendrata, menyampaikan apresiasi atas semangat pencegahan dan pemberantasan Narkoba yang dilakukan BNN Provinsi Maluku Utara.

Menurutnya, langkah ini akan didukung oleh pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula  dengan melibatkan instansi terkait.
" Saya berterima kasih kepada Kepala BNN Provinsi Malut telah hadir di Kepsul dengan tujuan memberantas Narkoba di Kepsul, " ujarnya.

Hendrata berkomitmen untuk menyiapkan fasilitas bagi warganya melalui anggaran APBD.  "Tugas kita sebagai aparat pemerintah adalah melakukan tindakan dan strategi  pencegahan termasuk edukasi dini ke sekolah sehingga pencegahan Narkoba tepat sasaran, " harap Bupati.

Hendrata juga akan membentuk di lintas  instansi yang berkomitmen untuk membentuk kelompok Sadar Sula Bersinar (Bersih Narkoba) dengan menggunakan pembiayaan APBD tahun anggaran 2020.

Kepala BNNP Malut, Brigjen Pol. Swasono dalam sambutannya menuturkan permasalahan narkoba di Indonesia dengan berbagai faktor seperti tinggi nya permintaan dan suplai yang tinggi karena keuntungan yang diperoleh para bandar menjadikan Indonesia sebagai pasar terbesar di dunia. dan, untuk Maluku Utara memiliki angka prevalensi 13.181 yang diprediksi tingkat penyalahgunaaan Narkoba termasuk di Kabupaten Kepulauan Sula juga cukup signifikan.

Untuk itu sambungnya,  pembentukan BNN Kabupaten akan memudahkan sinergitas pencegahan dan pemberantasan Narkoba. Sebab, Kabupaten Kepulaun Sula terletak di posisi bagian selatan Provinsi Maluku Utara.

"Saat ini berdasarkan kondisi geografis Sula, banyak pintu masuk untuk Wilayah perairan yang terbuka bagi orang-orang yang menyelundupkan Narkoba, " ungkapnya.

Lanjut Brigjen Pol. Swasono, pihaknya sangat peduli terhadap korban penyalahgunaan narkoba olehnya itu, mereka akan menfasilitasi lembaga rehabilitasi baik rawat inap maupun rawat jalan.

Dirinya berpesan kepada penyalah guna Narkoba di Kab. Kep. Sula saat ini untuk rehabilitasi rawat jalan di fasilitas pelayanan kesehatan yang telah bekerja sama dengan BNNP Malut. (KS)
Komentar

Berita Terkini