|

Dishub Kepsul Janji Sediakan Transportasi Laut Gratis Kepada Warga Pulau Mangoli


SANANA - Demi meningkatkan pendapatan ekonomi bagi masyarakat di Pulau Mangoli, Pemerintah Daerah melalui Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), dalam waktu dekat akan menyiapkan transportasi laut secara gratis.

Perencanaan ini agar mempermudah masyarakat Pulau Mangoli untuk mengangkut dan mendistribusikan hasil produksi mereka ke pasar di Ibu Kota, khususnya di Kecamatan Sanana.

"Transportasi itu secara gratis, karena pemerintah harus hadir memberikan pelayanan yang memudahkan ruang ekonomi masyarakat," kata Kadishub Kespul, Ahmad Yasin Hayatudin, Senin (13/1).

Ahmad menambahkan, Pemda harus menghadirkan ruang ekonomi dalam rangka mempermudah masyarakat Pulau Mangoli yang berjualan di Ibu Kota Kabupaten. Disisi lain, Sambungnya sebelum proses ini berjalan, pihaknya akan lebih dulu berkoordinasi dengan sejumlah kepala desa untuk membahas soal angkutan masyarakat yang milik pribadi dengan angkutan dari Dinas Perhubungan.

Hal ini di lakukan agar tidak terjadi benturan dengan masyarakat yang memiliki transportasi laut pribadi. " Iya kami akan komunikasi dulu dengan pihak kepala desa, apakah nanti motoris desa mengangkut penumpang pagi dan kami sore dengan tujuan angkut kembali masyarakat ke Desa-desa mereka masing-masing atau sistemnya seperti apa," jelasnya.

Selain Dishub memfasilitasi masyarakat di pulau Mangoli secara gratis, transportasi gratis juga diperuntukan bagi anak-anak sekolah di Desa Menaluli dan Pastabulu ke Falabisahya, Kecamatan Mangoli Utara.

Tetapi sebelum itu pihaknya akan berkoordinasi dengan kepala Desa dari dua Desa tersebut untuk membicarakan pendepatan dari transportasi milik pribadi masyarakat.

" Iya tetap dalam waktu dekat kami akan berkomunikasi dulu dengan pihak kepala desa untuk bicarakan sistemnya seperti apa, sehingga masyarakat yang memiliki kendaraan laut pribadi juga bisa meraup keuntungan, " tutupnya. (KS)
Komentar

Berita Terkini