|

Basarnas Provinsi Malut Gandeng Pemda Buka Unit SAR di Kepsul


SANANA - Mengingat Kepulauan Sula merupakan tanggung jawab Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Provinsi Maluku Utara (Malut), Kepala Kantor Basarnas (Malut) Muhammad Arafah, melakukan kunjangan ke Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) untuk berkoordinasi serta meminta dukungan Pemda Kepsul ke Basarnas Pusat untuk membuka Kantor Unit Siaga SAR.

Kepala Kantor Basarnas Malut Muhammad Arafah, yang di dampingi Kepala Pelaksana BPBD Kepsul, Hendra Umabaihi saat di wawancarai awak media, Kamis (05/03) mengatakan kedatangan pihaknya di Kepsul dengan tujuan berkoordinasi dengan Pemda agar memberi dukungan kepada pihaknya untuk  mengusulkan ke Basarnas pusat demi  membuka unit siaga SAR Basarnas di Kepulauan Sula.

" Alhamdulillah setelah berkoordinasi Pemda Kepsul dalam hal ini bupati teryata telah berikan sinyal baik kepada kami. Untuk itu, setelah mendapat persutujuan ini kami akan mengusulkan lagi ke Basarnas pusat untuk secepatnya bisa membentuk Unit Siaga SAR di Kepsul," ungkapnya.

Tambah Arafah, bila Kantor Siaga SAR sudah di bentuk maka pihaknya akan menurunkan porsonil dari ASN untuk bertugas di wilayah Kepsul dan mengadakan rekrutmen tenaga pendukung dari putra-putri Sula.

" Iya jika unit siaga SAR sudah ada di Kepulaun Sula, maka kami akan merekrut tenaga pendukung juga dari Kepulauan Sula," ujarnya.

Tak hanya itu, lanjut Arafah, pada April mendatang pihaknya juga akan melakukan pelatihan SAR di Kota Ternate dengan melibatkan porsonil SAR dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepsul untuk ikutsertakan dalam pelatihan tersebut.

" April mendatang kami akan melibatkan tim SAR  BPBD Kepsul untuk bisa mengikuti pelatihan yang kami buat nantinya," tutup Arafah (KS).
Komentar

Berita Terkini