-->
    |


Harga Barito di Kepsul Naik


SANANA - Dampak dari penyebaran Covid-19 dalam sepekan terakhir harga bahan pokok cenderung meningkat. Di Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), harga bawang putih, bawang merah dan tomat (Barito) yang didistibusikan dari Kota Manado juga menunjukan tren peningkatan secara serentak.

Sauna, salah satu pedagang Barito di Pasar Basanohi Fogi, saat di temui awak media, Rabu (01/04) mengaku kondisi yang dialami saat ini dampak dari penyebaran virus corona ternyata mempengaruhi harga bawang merah, putih dan tomat. Apalagi, rata-rata pedagang mengambil dari pasokan Manado.

"Baru naik saja beberapa hari yang lalu," akui Sauna.

Tambahnya, pasokan bawang merah, bawang putih dan tomat distributor sudah mulai berkurang. "Jika pasokan sudah masuk maka harga kembali turun, apalagi dengan adanya kondisi saat ini, masyarakat yang berbelanja cukup banyak," ungkapnya.

Lanjut Sauna, harga bawang merah di Kepsul saat ini mencapai  Rp 60 ribu/kg, menyusul bawang putih Rp 65 ribu/kg, tomat Rp 25 ribu/kg. Harga cenderung berfluktuasi untuk komoditas bawang merah dan bawang putih, sebelumnya Rp 40 ribu - Rp45 ribu/Kg. Kemudian harga tomat sebelumnya Rp. 15 ribu -Rp.20 ribu/Kg.

Walaupun harga  bawang merah, bawang putih dan tomat naik, namun untuk komiditi cabai keriting masih tetap dengan harga Rp40 ribu/Kg

Selain itu, salah satu konsumen yang di sapa Baida, mengatakan mereka kaget ketika membeli bahan dapur seperti T
Tomat, dan bawang karena mengalami lonjakan harganya

Kata Baida bila terjadi kenaikan harga seperti ini mereka sebagai konsumem juga merasa sulit. Belum lagi pendapatan mereka sebagai petani hanya seberapa.

" Kami sebagai pembeli juga merasa sulit bila harga barang dapur sudah mulai naik. Semoga virus ini hilang dalam waktu dekat biar kami masyarakat tidak merasa pusing dengan keadaan," tutupnya. (KS).
Komentar

Berita Terkini