-->
    |


Inilah Penjelasan BMKG Kepsul Soal Fenomena Halo Pada Matahari


SANANA, -Di tengah ancaman wabah Covid-19, warga disuguhkan fenomena alam yang langkah di langit Kabupaten Kepulaun Sula (Kepsul). Matahari tampak perkasa nan anggun saat cahaya serupa cincin melingkarinya.

Dalam amatan Report Malut.com, Selasa (21/04), fenomena yang terjadi pukul 13.00 siang tadi membuat warga Kepsul keluar rumah untuk menyaksikan dan mengabadikan lewat foto maupun video fenomena tersebut.

Menurut pengamat cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Kepsul, Iqmal Zainudin, fenomena itu bernama Halo. Dimana kata Zainudin, ada sebuah awan tipis yang di namakan Cirrus yang biasanya muncul tidak beraturan. Fenomena tersebut terjadi karena awan Cirrus berkumpul di sekeliling matahari sehingga bila melihat dari bawah akan berbentuk cincin.

" Ya fenomena itu sering terjadi. Untuk situasi alam tidak terjadi apa-apa. Jadi tidak usah masyarakat Kepsul panik. Itu hanya karena Awan Cirrus cukup tebal di dekat matahari sehingga bila kita lihat dari bawah berbentuk seperti cincin," jelasnya.

Selain itu Hartati, salah satu warga Kepsul menuturkan, selama ini dia belum pernah melihat fenomena alam seperti itu. Kata dia hal itu terjadi biasanya ada gerhana matahari. Tapi kali ini, sedikit aneh pada matahari yang terlihat berbentuk cincin.

" Saya belum pernah menyaksikan fenomena alam seperti ini yang saya pernah saksikan adalah terjadi gerhana matahari," ujarnya.(KS).
Komentar

Berita Terkini