-->
    |

Pembangunan Tower di Sula Menunggu Perusahaan Pemenang Tender

Gambar Ilustrasi/Insidentb.com

SANANA,- Pembangunan tower Base Transceiver Station (BTS) di sejumlah titik di Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) masih menunggu kepastian dari pihak perusahaan pemenang tender. 

Kepala Bidang (Kabid) Telekomunikasi dan Telematika Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kepsul, Nasaruddin saat di konfirmasi Report Malut.com, Rabu (03/02) mengaku, pihaknya belum memastikan kapan tower tersebut bisa dibangun. Walaupun sudah ada pihak perusahaan seperti PT. Bintang yang melakukan survei sebelumnya. Tapi, belum tentu pihak perusahaan tersebut yang akan menangkan tender. 

Apalagi, Jumat lalu Kementerian Komunikasi dan Informatika baru saja melakukan kontrak payung." Kami juga belum bisa pastikan kapan tower tersebut di pasang. Lantaran, kami juga belum mengetahui perusahaan mana yang nantinya menang tender," katanya. 

Kendati begitu, Kominfo Kepsul secara legal mendapat jatah Tower BTS di Kepulaun Sula sebanyak 44 unit dan nanti di bangun mulai dari 2021-2023. Namun, lebih dulu akan di pasang pada 2021 ini sekira 17-20 unit di sejumlah titik.

" Jelasnya Kemkominfo akan memberikan 44 unit tower BTS di Sula. Tapi, untuk 2021 ini rencana dibangun sekira 17-20 unit di sejumlah titik," ungkap Nasaruddin. 

Kepala Dinas Kominfo Kepsul, Irfan Sarfan menuturkan, pihaknya baru saja mendapat surat terkait dengan proses pembangunan tower BTS. Untuk itu saat ini sejumlah tim masih berada di lokasi untuk melakukan survei.

" Terkait Lokasinya sudah ditentukan. Tapi, jika di lokasi tersebut masih bisa menangkap Signal maka bisa jadi akan di geser ke tempat lain," ujarnya. 

Irfan bilang, untuk 2021 Kepulauan Sula sendiri mendapat jatah tower BTS berjumlah sekira 44 unit dari Kemkominfo  yang di dalamnya sudah tergabung dengan 17 unit.

" Kepulauan Sula di 2021 ini mendapat jatah sebanyak 44 Unit tower BTS. Jelasnya coba konfirmasih langsung saja dengan Kabid agar lebih jelas," tuturnya. 

Sekedar diketahui, 17 titik di antaranya, Desa Pelita Jaya, Desa Leko Kadai, Kecamatan Mangoli Barat. Desa Naflou dan Desa Aupunhia Kecamatan Mangoli Selatan. Desa Paslal, Wailoba, Bruakol Kecamatan Mangoli Tengah. Kemudian, Desa Modapia Kecamatan Mangoli Utara. Desa Wailia Kecamatan Sulabesi Timur, Desa Bega Kecamatan Sulabesi Tengah, Desa Pastina, Kecamatan Sanana. Desa Man-Gega Kecamatan Sanana Utara, Desa Malbufa Kecamatan Sanana Utara, Desa Paratina, Desa Nahi, Desa Ona Kecamatan Sulabesi Barat. (KS).

Komentar

Berita Terkini