-->
    |

Panen Ikan di Noramake Oba Tengah

Doc Reportmalut ; Pak Ahmad (Nelayan Noramake)


Tidore, Siang ini Reporter Reportmalut.com diajak Ibu  Muna mengunjungi suaminya Ahmad Tongaru yang berprofesi sebagai Nelayan Dusun Noramake Desa Aketobatu Kecamatan Oba Tengah yang tengah sibuk dengan ikan-ikan hasil tangkapannya.

Terik panas di pantai Noramake tidaklah menjadi hambatan para Nelayan melakukan aktifitasnya di pantai berpasir itu (01/6/21)

Saat menghampiri Pak Ahmad Tongaru, dengan santai mengajak Repoter Reportmalut untuk mebantu melepaskan Ikan-ikan dari jeratan Jaringnya.

“ Mari bantu buka ikan ini, Cepat la ambe ikan ini bikin Gohu atau Bakar “ Ajak Pak Ahmad.

Pantauan media di lokasi, sepanjang pantai Noramake Jejeran perahu semang dan Ratusan  warga  sekitar sedang sibuk melakukan aktivitasnya melepaskan jeratan ikan di jaring-jaring Nelayan.

Ahmad mengakui memang pada saat musim ikan, aktvfitas masyarakat berada di sepanjang pantai. Hal ini karena kebanyakan warga memang berprofesi sebagai nelayan.

“ Sudah satu bulan ini Torang beraktifitas di sini ( pantai ) “ Aku Ahmad.

Doc Reportmalut ; Ikan Noramake


Ahmad juga membeberkan bahwa Noramake memang lumbungnya Ikan yang dikenal dengan Ikan Noramake, Apalagi saat musim seperti saat ini, tentu ada panen ikan

dirinya pun mengakui bahwa pendapatan perhari itu bisa mencapai  300 – 400 Rupiah , kalau lagi panen seperti saat ini setiap nelayan bisa meraup untung hingga jutaan rupiah.

“Kalau hari-hari biasa tong dapa 300 -400 Ribu, kalau panen besar begini bisa sampu juta “ terang Ahmad.

Ahmad Juga menjelaskan kendala bagi nelayan di musim panen seperti ini ada penyediaan Es untuk menyimpan ikan, sebab produksi Es di Noramake hanya berskala kecil sehingga tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nelayan disini, dan mereka harus mencarinya di luar Desa.

“ Es di sini terbatas, jadi kalau abis torang harus lari cari di luar “ tandas Ahmad . (All)

Komentar

Berita Terkini