-->
    |


DPC PKB Kepsul Tindaklanjuti instruksi DPW mendorong Pemataan Daerah Tertinggal

Reportmalut.com- Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa, Kebupaten Kepulauan Sula (Kepsul), menindaklanjuti instruksi Dewan Pengurus Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Maluku Utara, dalam mendorong pemetaan daerah tertinggal dan juga menginventarisasi kebutuhan di tingkat masyarakat desa, Selasa (3/1/2022).

Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa PKB, Kepsul, Armin Suamole menyampaikan, dalam rapat kordinasi Dewan Pengurus Cabang (DPC) pada 31 Desember 2022 kemarin dengan menyusun firework kemenangan partai PKB kepsul tanun 2024 mendatang.

Sambung Armin, dengan diutamakan program yang berpotensi pada kepentingan masyarakat umum.

"DPC PKB Kepsul berpartisipasi dalam mendorong kabupaten kepulauan sula keluar dari stasus daerah ketinggalan dengan mengusulkan program tahun 2023," jelas Armin.

Armin menuturkan, dalam program 2023 ini, guna penguatan di wilayah sektor wisata dengan bantuan pengembangan dan desa sebagai ujung tombak. Dirinya menilai saat ini desa yang memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMdes), masih belum bisa mengerakan potensi desa secara mendiri.

Lanjut Ketua DPC PKB Kepsul itu, sehingga perlu partisipasi pemerintah dalam melakukan pembinaan dan membarikan bantuan pengembangan BUMdes bersama.

"Sebagai daerah kepulauan seperti di Kepsul seyogianya diurus dengan konsep yang berhubungan eksistensi kepulauan. Maka harus ada bantuan pemerintah bersifat pengadaan seperti "sarana paska panen di daerah pulau kecil dan daerah pulau terluar," tuturnya.

Menurut mantan ketua BEM Fakultas Hukum Universitas Khairun,  produk unggulan kawasan pedesaan merupakan langkah untuk menunjukkan desa dengan menciptakan produk unggulan, seperti bersal dari sumberdaya lokal yang produksinya dapat mendorong tumbuhnya berbagai kegiatan ekonomi desa.

Tambah Armin, agar tidak mematikan atau bertolak belakang dengan usaha pada umum dijalankan di wilayah desa. 

Armin menilai, penentuan produk unggulan di pedesaan seperti ini harus didorong dalam bentuk program"penyediaan saran dan prasarana" hasil prukades di Kepsul.

Dengan begitu tambah orang nomor satu di DPC PKB Kepsul ini, agar percepatan pembangunan infrastruktur jalan, pembangunan pemukiman transmigrasi, penguanatan lembenga desa, peningkatan sektor pertanian dan pertnakan.(NOAH).

Komentar

Berita Terkini