-->
    |



Sulitnya Akses Jaringan Komunikasi, Ini Harapan Pj Kades dan Warga Falabisahaya

 


SANANA,Reportmalut.com-  Warga Masyarakat, Desa Falabisahaya, Kecamatan Mangoli Utara, kabupaten Kepulauan Sula, Propinsi Maluku Utara mengeluhkan sulitnya mengakses jaringan telekomunikaso baik internet maupun jaringan seluler.

 Pj. Kepala Desa Falabisahaya, Haji Sedek Marasabessy, saat dikonfirmasi sejumlah awak media mengatakan, sulitnya jaringan telepon sangat utamanya telkomsel membawa dampak yang sangat besar. Selain warga, pemerintah daerah yang turun ke desa dan hendak melakukan komunikasi via telepon pun sangat kesulitan.

"Dan masalah jaringan di Falabisahaya ini kalau bisa untuk kedepan lebih bagus lagi dari Desa-desa yang lain. Sebab desa yang lain warganya bisa melakuan Video Call. kenapa, di Desa falabisahaya,yang Cukup besar ini tidak bisa melakukan Video Call,". Harap Pj. Kades Falabisahaya. Senin,(10/07/2023)

"Coba Bapa-bapa dong yang dari Kabupaten, bisa melihat sendri dan rasakan, torang (Kami) batelefon juga Punya setengah mati, tidak tau persoalannya dimana," Sambungnya.

Kades menuturkan, telah ada upaya yang dilakukan pemerintah kecamatan lewat camat yang berkoordinasi dengan lihak terkait di pemerintahan daerah khusunya Dinas Komunikasi dan Informatika Kominfo Sula. 

Camat sendiri sudah membangun koordinasi sebanyak dua kali. Kemudian pihak desa sendiri juga pernah berkoordinasi drngan pihak Perusahan, PT. Sempurna. Yang bergerak di bidang kayu namun masih belum ada kelanjutan sebab perusahaan sendiri belum beroperasi.

"Kami tidak konfimasi lagi dengan pihak perusahaan karena dari awal mereka sampaikan jika perusahan sudah aktif beroperasi baru mereka akan bangun jaringan. Agar bisa melaporkan hasil pekerjaan harian mereka ketika sudah selesai kerja langsung bisa melaporkan kerja mereka ke Jakarta," Ujar Marasabessy.

Kades tak lupa menyampaikan harapan masyarakat bahwa keinginan besar warga Falabisahaya ialah hadirnya jaringan internet yang kuat dan memadai. Apalagi wilayah Kecamatan Falabisahaya memiliki wilayah yang besar.

"Pemakaian jaringan di sini sangat besar. Dan kalau bisa jaringan di Fala lebih luas dari Desa-desa yang lain,".Tutupnya. (NOAH)

Komentar

Berita Terkini