-->
    |



Dishub Sula Usulkan Pengadaan Satu Unit Kapal Cepat dan Dua Unit Bus


SANANA,Reportmalut.com- Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Sula usulkan pengadaan satu unit kapal cepat dan dua unit bus eroro ke Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Kepala Dinas Perhubungan, Hairula Mahdi, kepada sejumlah awak media menyampaikan, Pemda melalui Dinas Perhubungan berinisiatif mengusulkan pengadaan Bus Eroro dan kapal cepat  untuk mempermudahkan transportasi laut rute Pulau Mangoli-Sanana.

"Bus Eroro dan kapal cepat akan beroprasi di enam Kecamatan Pulau Mangoli. Rute operasinya mulai dari Dermaga Waikalopa ke Dermaga Waitulia Serma Pasipa, Dermaga Dofa dan Dermaga Falabisahaya,". Bebernya, Rabu,(02/08/2023)

Kata Hairulah, pengadaan bus dan kapal cepat tersebut diusulkan Pemda ke Kemenhub melalui Dana Alokasi Khusus (DAK).

" Kalu ditahun ini 2023 sudah ada satu unit bus eroro. Sementara dikerjakan dan Insa Allah, November sudah bisa beroperasi. Dan di Tahun 2024 disusulkan 2 unit bus dan 1 kapal cepat melalui mekanisme DAK," Ujarnya.

Lanjut Hairulah, perencanaan awal sudah disiapkan untuk pengadaan di 2024 dan dokumen pendukung lain juga sudah di siapkan. Tinggal menunggu gambar dari konsultan. Sebab bus Eroro yang diusulkan di tahun depan lebih besar dan bisa dimuat dengan Mobil.

Selain itu, usulan pengadaan kapal cepat  sudah di terima oleh kementerian Perhubungan. Dan masih menunggu keputusan dari menteri Soal Anggaran karena perencaan anggaran yang diusul kementrian sekitar 50 miliar melalui Dana Alokasi Khusus.

"Kapal cepat tersebut nantinya di gambar seperti kapal cepat yang dilihat di Papu yang digunakan Presiden waktu  berkunjung ke Papua,".Ujarnya,(NOAH)

Komentar

Berita Terkini