-->
    |



Hari Santri Ke-IX, Satkarwil Banser Malut Gelar Apel bersama dan Ziarah Makam Tokoh NU Kepsul

 


SANANA,Reportmalut.com-Hari Santri Ke,IX Satuan Koordinasi Wilayah (Satkorwil) Barisan Ansor Serba Guna (Banser) Maluku Utara gelar Apel Bersama Madrasah dan Jiarah ke makam para tokoh NU Kabupaten Kepulauan Sula,Minggu,(22/10/2023

Kegiatan Apel dilaksanakan bersama Kementerian Agama dan seluruh pesanteren serta Madrasah di wilayah Kabupaten Kepulauan Sula. 

Setelah Pelaksanaan Apel, dilanjutkan dengan ziarah ke Mlmakam salah satu tokoh NU Kepulauan Sula almarhum Makmur Malawat  Mantan Skretaris PC NU Kepulauan sula masa khidmat  Tahun 1995-2003  dibawah kepimimpinan Hi. Akhir Umahuk

Satuan Kordinasi Wilayah Banser  Maluku Utara Sahabuddin Lumbessy, dalam sambutannya mengatakan, momentum Hari Santri Tahun 2023 merupakan momentum pemersatu untuk menghadapi persoalan-persoalan sosial. 

"Kita juga harus mengenal betul ruang gerak dan perjuangan kita terutama di Maluku Utara,. Momentum ini bersamaan dengan maraknya konsulidasi seluruh kelompok untuk menuju pemilihan legislatif dan pemilihan presiden,".Bebernya.

Olehnya itu, lanjut Sahabudin, sebagai organisasi dibawah pimpinan PW Ansor Malut, Satkorwil Malut tetap konsisten menjaga NKRI dan menjaga kenyamanan dan keamanan di wilayah Maluku Utara.

" Hal ini dilakukan dengan semangat negara yang dituangkan dalam perayaan hari santri ke IX Tahun 2023 yakni Jihad Santri Jayakan Negeri". Ungkapnya.

Pelaksanaan ziarah, Kata Sahabudin, bertujuan untuk mengenang perjuangan para Mua'sis Nahdlatul Ulama Slsecara nasional maupun Lokal.

Dia juga meminta kepada Pemerintah Provinsi maupun Pemda Kepsul agar memperhatikan pesantren yang ada di Kepulauan Sula. Utamanya perihal pembangunan pesantren. 

"Hal ini sesuai dengan amanah Undang-undang No 18 Tahun 2019 tentang Pesantren dan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Pesantren. Pemerintah tidak boleh melupakan pesantren karena pesantren adalah lembaga pendidikan agama islam yang berperan dalam mendidik dan membina generasi muda untuk memiliki ahlakul karimah, beriman dan beramal sholeh," Harapnya.

Sekedar informasi, kegiatan apel dan ziarah dihadiri oleh Kepala Kementrian Agama Kabupaten Kepulauan Sula Saiful Djafar Arfa S.Pd.,M.Pd.I), PC Fatayat Kepsul, dan PC Ansor Kepsul. (NOAH)

Komentar

Berita Terkini