-->
    |

Wabup Kepsul Hadiri Rapat Paripurna APBD 2024


SANANA, Reportmalut.com– Dalam  langkah penting menuju pengelolaan keuangan daerah yang lebih baik, Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Sula, M Saleh Marasabesi, menghadiri rapat paripurna yang diadakan pada hari Selasa, 20 Februari 2024, guna pengesahan rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2024.

Kegiatan ini menjadi sebuah momen krusial dalam upaya memperkuat sinergitas antara pemerintah daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Sula.

 Dalam sambutannya, Wakil Bupati mengucapkan terima kasih kepada pimpinan dan anggota DPRD yang telah mengagendakan paripurna ini, dengan harapan dapat memantapkan kerja sama dalam mengelola potensi daerah untuk mewujudkan visi "Sula Bahagia".

Wakil Bupati Marasabesi menekankan bahwa, meskipun terjadi ketiadaan nota kesepakatan antara pemerintah daerah dan DPRD atas KUA PPAS tahun anggaran 2024, pemerintah daerah tetap berkomitmen untuk menyampaikan rancangan peraturan daerah tentang APBD kepada DPRD untuk disahkan, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Analisis terhadap perkembangan keuangan daerah hingga akhir tahun 2023 menunjukkan adanya perubahan signifikan yang berpengaruh terhadap struktur APBD 2024," Ungkapnya.

Wakil Bupati menyampaikan bahwa terdapat penurunan angka SILPA dari yang semula diajukan sebesar 30 miliar rupiah menjadi 23 miliar rupiah, namun di sisi lain terdapat peningkatan dana transfer dari pemerintah provinsi dan pusat sebesar 38 miliar rupiah.

Salah satu isu penting yang diungkapkan adalah tentang piutang dana bagi hasil pajak dari tahun 2021 hingga 2023 yang belum disalurkan oleh pemerintah provinsi sebesar 31,48 miliar rupiah. 

"Atas dasar ini, Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) melakukan penyesuaian pembiayaan dan belanja sebesar 10 miliar rupiah untuk mengantisipasi kenaikan gaji PNS sebesar 8% serta melakukan penyesuaian terhadap alokasi belanja yang bersumber dari Dana Insentif Daerah (DID) untuk penanganan stunting dan penguatan ketahanan pangan," bebernya.

Lanjut Wabup, dalam rancangan APBD 2024 yang disampaikan, total anggaran pendapatan dan belanja daerah Kabupaten Kepulauan Sula ditargetkan sebesar 935,34 miliar rupiah, yang terdiri dari pendapatan asli daerah (PAD) sebesar 26,77 miliar rupiah, pendapatan transfer sebesar 859,11 miliar rupiah, dan lain-lain pendapatan daerah yang ditargetkan sebesar 1 miliar rupiah. 

Wakil Bupati mengakhiri sambutannya dengan harapan besar terhadap kontribusi APBD 2024 dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kepulauan Sula. (NOAH)

Komentar

Berita Terkini