-->
    |


Pemda Kepsul Gelar Musrenbang RKPD 2025


SANANA,Reportmalut.com - Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sula menggelar Musrenbang, dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025. Kamis (7/3/2024)

Dalam sambutannya, Bupati Kepsul Fifian Adeningsi Mus, melalui Sekretaris Daerah Muhlis Soamole menyampaikan, bahwa pelaksanaan Musrenbang Tingkat Kabupaten ini merupakan amanat Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

Selain itu, Muhlis juga menjelaskan, adapun Undang-Undang nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian Dan Evaluasi Pembangunan Daerah.

“Perencanaan pembangunan secara umum merupakan aspek yang fundamental dalam kontestasi pembangunan, disamping aspek pelaksanaan, pengendalian, dan evaluasi,” katanya

Rasionalisasinya, tambah Muhlis, perencanaan yang berkualitas merupakan sarana yang efektif untuk menuntun kita pada keberhasilan pembangunan.

“Sebaliknya, perencanaan pembangunan yang buruk berpotensi menghadirkan kegagalan (inefisiensi dan inefektifitas) dalam pembangunan, sehingga rumusan perencanaan pembangunan, selain dituntut mengedepankan keterpaduan dengan komponen pembangunan lain, baik secara kewilayahan maupun sektoral,” ujarnya

Oleh karena itu, Lanjut Muhlis, tahapan pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan ini menjadi penting demi penyempurnaan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sula Tahun 2025.

“Musrembang penyusunan RKPD Tahun 2025 ini merupakan Tahun Perencanaan Tahap Keempat Periode Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Kepulauan Sula Tahun 2021-2026. Oleh karenanya Saya berharap, momentum ini hendaknya dapat kita jadikan sebagai landasan perencanaan pembangunan yang kokoh dan berkelanjutan serta bersinergi dengan Arah dan Kebljakan Pembangunan Pemerintah Provinsi Maluku Utara dan Pemerintah Pusat,” bebernya

Dikatakan, Tema yang disusun dalam RKPD Kepulauan Sula Tahun 2025 ini adalah “Peningkatan Nilai Tambah dan Daya Saing Produk Lokal” dengan fokus prioritas daerah diarahkan.

“Dengan Tema dan Prioritas Pembangunan Tahun 2025 tersebut, selanjutnya Pemerintah Daerah akan melakukan kolaborasi atas saran dan pendapat melalui Pokok-Pokok Pikiran DPRD yang disampaikan, dengan tetap mematuhi regulasi yang mengaturnya,” ungkapnya

Dalam kondisi yang baik ini, hendaknya semakin mempertegas komitmen kita bersama dalam meningkatkan komunikasi, koordinasi dan falinan kerjasama, disamping memberikan penguatan pada proses perencanaan dari bawah danberkolaborasi dengan perencanaan dari Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten.


“Maka itu, saya mengajak semua Pimpinan dan Aparatur di Perangkat Daerah serta seluruh stakeholder untuk berpikiran terbuka, memiliki visi yang jelas, terintegratif dan inovatif. Perangkat Daerah harus mampu mengintegrasikan pembangunan lintas sektor secara terukur,” tandasnya

Dengan demikian, Muhlis Berharap, penyelenggaraan Pembangunan pada tahun 2025 akan lebih Terarah, Terukur dan Akuntabel, serta mampu menjawab Isu-isu yang strategis dan Tantangan yang dihadapi secara tepat.

“Pada kesempatan ini pula saya ingin menyampaikan apresiasi yang setinggi-tinggginya dan mengucapkan Terima kasih yang sebesar-besanya kepada semua pihak yang telah berjuang mencurahkan segala perhatiannya untuk kemajuan pembangunan di Kabupaten Kepulauan Sula,” pungkasnya (Noah)

Komentar

Berita Terkini