|

Kepala Dinas Kesehatan Morotai Sidak Tiga Puskesmas

Kepala Dinas Kesehatan bersama dengan Kapus Songowo.

Reportmalut.com - Morotai 10/06/18, Dinas Kesehatan Morotai melakukan Sidak pada sabtu hingga minggu dini hari. Pukul 16.00 wit dimulai dari Puskesmas Tiley, seterusnya di Sangowo pukul 20.30 dan berakhir di Puskesmas bere-bere pada pukul 22.30 wit sampai 04.00 pada hari minggu.

Sidak tersebut dengan tujuan selain mengecek kesiapan serta pembentukan Tim Gerak Cepat di setiap unit pelayanan sebagaimana edaran kementerian untuk pelayanan kesehatan pada mudik lebaran dan tahun baru

dr. Adil Kareang (Kapus Bere-bere. Red) saat dikonfirmasi di lapangan. Menegaskan bahwa "Sidak yang dilakukan Oleh Kepala Dinas merupakan realisasi Edaran Kementerian terbaru dalam hal penyiapan dan kesiagaan fasilitas pelayanan kesehatan dalam menghadapi libur keagamaan 2018 pada jalur mudik dan jalur wisata"

Semua titik dan akses umum layanan publik akan disiagakan TGC (Tim Gerak Cepat) yang dibentuk dari setiap puskesmas, kesiapan Tim dan jalur evakuasi merupakan hal penting dari sidak yang dilakukan.

Terpisah, kepala dinas kesehatan Morotai dikonfirmasi dilapangan, dirinya membenarkan tujuan sidak yang disampaikan oleh Kapus Bere-bere.

"Tujuan sidak malam ini untuk melihat penyiapan dalam menghadapi pasien gawat darurat dan evakuasi medik untuk mengatasi darurat kecelakaan dan darurat lainnya sebagaimana isi edaran kementerian" beber dr. Victor Palimbong

Terkait pelayanan kesehatan, dinas kesehatan kab. Pulau Morotai tidak pernah ketinggalan dalam merealisasikan instruksi Bupatinya berdasarkan edaran kemetrian dengan No HK. 02.01/MENKES/306/2018 tentang penyelenggaraan pelayanan kesehatan pada situasi khusus libur keagamaan tahun 2018 dan tahun baru 2019.

Memastikan edaran ini sudah dijalankan oleh unit pelayanan terutama Puskesmas, kepala dinas kesehatan Morotai melakukan sidak di puskesmas tiley, sangowo dan bere-bere dari pukul 03.35 wit sampai 04.00 wib

Untuk Dinas kesehatan sendiri sejak beberapa kali bencana di morotai, tim gerak cepat (TGC) sudah dibentuk dan diketuai Ibu Nurhani Syarbin dan Wakilnya Eriko Lambatir.

Seluruh puskesmas di Morotai diharuskan membentuk tim gerak cepat (TGC) sebagaimana edaran kementerian termaksud untuk pelayanan kesehatan disemua titik jalur mudik.

"Bere-bere TRC (Tim Reaksi Cepat) sudah terbentuk sejak intruksi dari kepala dinas kesehatan morotai tentang edaran kementrian Kesehatan RI" tutup dr. Adil Karaeng.(Bs)*
Komentar

Berita Terkini