-->
    |


Komunitas Cendikia Lakukan Refleksi Sumpah Pemuda


Komunitas Cendikia di Depan Land Mark Ternate

Ternate - Komunitas Cendekia Prov. Maluku Utara mengelar aksi refleksi di depan Land Mark Kota Ternate (28/10). Aksi refleksi tersebut dilakukan dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda.

Aksi refleksi menurut mereka perlu di lakukan sebab sumpah pemuda yang di ikrarkan pada tanggal 28 Oktober 1928 merupakan peristiwa sejarah yang peting bagi seluruh kaum muda. Karena dengan peristiwa tersebut seluruh pemuda mampu di satukan dari sekat-sekat kebangsaan pada waktu itu.

Dalam aksi tersebut selain merefleksikan soal sumpah pemuda mereka juga menyuarakan soal pentingnya peran generasi muda dalam pembangunan bangsa terlebih dalam menghadapi permaslahan yang terjadi di Provinsi Maluku diantaranya soal hoax, pendidikan dan budaya.

Irmayati H Ibrahim selaku korlap menyatakan “refleksi ini kami lakukan sebagai bentuk  mengenang juga memberikan penyadaran kepada masyarakat soal semangat kaum muda dalam mengikrarkan sumpah pemuda yang terjadi beberapa puluhan tahun lalu, sebab dewasa ini pemuda banyak yang mulai melupakan peristiwa-peristiwa bersejarah tersebut”.

Dia juga menambahkan “pemuda memiliki peran penting dalam meneropong permasalahan yang terjadi, apalagi sebentar lagi kita memasuki tahun politik di tahun 2019 maka informasi hoax banyak menjamur, jadi kami tidak mau jangan sampai dangan hoax kita terpecah belah. Kami juga meminta kepada anggota legislatif agar melaksanakan fungsi kontrol sehingga realisasi anggaran pendidkan sesuai dengan apa yang di amanatkan dalam undang-undang”.

Salah satu orator dalam orasinya mengatakan “kita generasi muda harus bijak menyikapi persoalan terlebih budaya asing yang masuk. Selaku generasi muda tentunya jangan menelan mentah budaya asing sehingga mengabaikan budaya lokal. Sebab budaya lokal merupakan identitas kita yang di titiskan oleh nenek moyang agar di jaga dan di rawat dengan baik”.(ima_
Komentar

Berita Terkini