-->
    |

Komunitas Fola Sodabi Desa Ampera Butuh Perhatian


Penulis : Andri Esau
(Mahasiswa Unkhair Jurusan Ekonomi/Manajemen)

Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. itulah yang menggerakan mahasiswa dan masyarakat mendirikan sebuah komunitas yang bernama Fola Sidabi. Komunitas ini lahir karena kesadaran pentingnya pendidikan bagi generasi muda pedesaan yang tumbuh tanpa bekal literasi dan skill yang tidak terasah. komunitas rumah baca ini adalah salah satu gerakan mencerdaskan bangsa yang mampu melahirkan generasi yang cerdas,pintar, dan bermartabat.

Komunitas Fola Sodabi bertempat di Kecamatan Oba Utara Desa Ampera. Terdapat 60 pengurus yang aktif mengembangkan rumah baca. Berbagai kegiatan literasi dan peningkatan skiil dasar di ajarkan pada hampir 30-40 anak berbagai tingkatan, diantara yang paling diminati adalah bahasa inggris dan komputer. selain itu komunitas ini aktif mengembangkan karir pada pemuda, anak SD, SMP, SMA/SMK. 


Namun geliat pengembangan literasi dan skiil oleh komunitas ini masih dihadapkan oleh beberapa kendala. Utamanya sarana dan prasarana semisal komputer, buku bacaan, perlengkapan peningkatan skiil dan beberapa keperluan lainnya. Khusus untuk komputer di rasa sangat perlu untuk di alokasikan, sebab minat para siswa terhadap pengembangan skiil di dunia teknologi, informasi dan komunikasi begitu tinggi. 

Pemerintah Daerah khususnya Pemkot Kota Tidore perlu mengarahkan keseriusannya dalam pengembangan pendidikan lewat komunitas - komunitas literasi di pelosok desa. Sebab, hadirnya komunitas-komunitas ini merupakan bagian dari memembantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan dan buta huruf yang sulit di kontrol oleh pemerintah. Bantuan sarana dan prasarana dalam mendukung pengembangan komunitas setiap desa perlu mendapat perhatian lewat kebijakan-kebijakan yang pro sehingga tujuan bersama dapat di capai. ***

Komentar

Berita Terkini