-->
    |


Launcing Novel Mata dan Rahasia Pulau Gapi Berjalan Sukses


Ternate-Launching novel berjudul Mata dan Rahasia Pulau Gapi oleh penulis Okky Madasari di taman Fort Oranje yang di mediasi oleh komunitas Jala Malut berjalan sukses, minggu (2/13).

Acara ini di hadiri oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak SD sampai Ibu rumah tangga.

Judul buku"Mata dan Rahasia Pulau Gapi, penulis Okky Madasari mengangkat kisah sejarah Ternate  yang di ramu menjadi novel bernuansa dunia fantasi anak-anak.

Meskipun acaranya senderhana, namun nuansa  diskusi maupun transformasi pengetahuan dari Okky Madasari, membuat banyak orang mengagumi metode penulisan sastra menggunakan power imajeri dalam fenomena masa lalu.

Menurut okky "dengan adanya novel ini kita bisa dapat memperkenalkan anak-anak dengan beragam pengetahuan mengandung nilai sejarah. Karena selama ini kita jarang sekali, menemukan novel  di khususkan untuk anak-anak, yang ada hanyalah buku bernarasi dunia eropa, cina, korea dan sebagainya"

 Buku Mata dan Rahasia Pulau Gapi dapat mengajarkan anak tentang nilai-nilai sejarah, kemanusiaan, kehidupan, dan pengatahuan di negeri sendiri. Walaupun tulisan mendominasi sastra.

Dia juga menambahkan bahwa kenapa harus menulis buku konstruksi ke Indonesia timur, bagi dia rakyat Indonesia punya hak yang sama. Patut mendapat kesejahteraan dalam ilmu pengetahuan, maka dari itu sudah beberapa buku di terbitkan agar anak-anak Indonesia Timur juga bisa memproduksi pengetahuan yang sebelumnya mereka ketahui di daerah mereka, lanjut Okky.

"Kenapa menuliskan tentang Ternate, sebab Ternate dulu merupakan salah satu pulau yang mengendalikan dunia, mengendalikan perdagangan dunia, politik dan lain-lain. Akan tetapi setelah Indonesia merdeka terjadi distorsi dalam konteks repsentatif negeri sejarah. Ternate menjadi batang terapung di perairan bebas. Cerita buku mata merupakan potret pulau ternate pada masa lalu bagi anak-anak.

Untuk mengakhiri acara launcing buku ini, mahasiswa dan masyarakat ditantang untuk membuat resemu sepanjang diskusi berlangsung dan akan mendapatkan buku gratis dari Okky Madasari. (ks)

Komentar

Berita Terkini