|

Puskesmas Dofa Termasuk Puskesmas Ke- 3600 Yang di Survei Akreditas Kemenkes RI.

Tim Akreditasi, M.Husni

Sanana, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Dofa, Kecamatan Mangoli Barat. Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara (MALUT) termasuk Puskesmas ke 3600 dari total 9900 Puskesmas di Indonesia yang disurvei oleh komisi akreditasi Kementrian Kesehatan RI. hal ini disampaikan oleh ketua komisi akreditasi Muhammad Husni dalam sambutannya pada acara pembukaan Akreditasi FKTP Di UPTD Puskesmas Dofa pada Kamis (6/12).

Husni mengakui bahwa selain dirinya adapun 2 orang lagi yang tergabung dalam tim komisi survei akreditasi yakni dokter Septiani yang akan melakukan survei administrasi dan manajemen Sedangkan dokter Endang akan menangani survei usaha  kesehatan perorangan.

Kepala Dinas Kesehatan Kab. Kepulauan Sula dokter Ilmi Husen kepada  Reportmalut menambahkan bahwa dirinya berharap Puskesmas Dofa dapat diakreditasi oleh tim surveior setelah melakukan survei dalam 3 hari kedepan.

Kadis Kesehatan ilmi Husen

Untuk minggu depan akan dilanjutkan survei akreditasi di Puskesmas Kecamatan Kota Sanana. Sehingga untuk tahun 2018 terdapat 2 Puskesmas yang  terakreditasi dari total 12 Puskesmas di Kabupaten Kepulauan Sula. Rencananya pada  tahun 2019 ada 6 Puskesmas di Kab. Kep. Sula yang siap di survei oleh tim surveior akreditasi dari KEMENKES RI.

Selain itu, dokter Ilmi juga mengatakan selaku Kepala Dinas kesehatan kab. Kep. Sula turut mengapresiasi kedatangan tim Komisi survei akreditasi KEMENKES RI, karena secara geografis kapulauan sula termasuk daerah kepulauan yang letaknya cukup jauh dari Ibu Kota. kemudian Puskesmas Dofa termasuk yang ke-3000an yang disurvei, artinya masih terdapat 6000an yang belum disurvei. Ujarnya.

Akreditasi bagian dari kepentingan bersama olehnya itu dengan ketersediaan SDM, sarana prasarana dan fasilitas lainnya di puskesmas dofa maka penting kiranya untuk dilakukan akreditasi sebab 3 poin utama dari dokumen elemen pun telah diselesaikan di puskesmas Dofa. elemen penilaian dalam akreditasi berjumlah 770 yang dibagi dalam 3 bab yakni Usaha kesehatan Masyarakat (UKM), usaha kesehatan perorangan (UKP), dan administrasi manajemen.tutupnya. (MD).

Komentar

Berita Terkini