-->
    |

Pendampingan Akreditasi Puskesmas Tiley


Kadiskes Morotai, dr. Victor dalam penyampaian materi. 

MOROTAI - Kegiatan Pendampingan Akreditasi Puskesmas Tiley berlangsung lancar. Kegiatan yang dihelat di Aula Kantor Desa Tiley Kamis (14/02) ini dihadiri Kadiskes Morotai, Camat Kec Morotai Selatan Barat yang sekaligus membuka acara dengan resmi.

Nurhani Syarbin, SKM saat di hubungi, membenarkan bahwa PKM Wayabula telah ditetapkan lulus akreditasi dengan tingkatan MADYA.

"Benar, PKM Wayabula telah ditetapkan lulus akreditasi dengan tingkatan madya. Sebagai mana sambutan Camat yang juga menginginkan Puskesmas Tiley nanti meraih hasil seperti PKM Wayabula, dan bila perlu hasil yang lebih baik lagi" tutur Nurhani

Sedangkan arahan yang disampaikan oleh Kadis Kesehatan dr. Victor Palimbong berharap agar Pemerintah Kec. Morotai Selatan Barat, Pemerintah Desa dan seluruh masyarakat agar bersama-sama mengsukseskan akreditasi Puskesmas Tiley.

Saat di konfirmasi, dr. Vicror sangat optimis dengan proses Akreditasi Puskesmas Tiley, karena Puskesmas Tiley memiliki Bangunan Puskesmas sesuai prototype Kemenkes dan prasarana maupun alat kesehatan yang telah sesuai dengan Permenkes 75 Tahun 2014.

Foto bersama tamu undangan


"Kita optimis dengan akreditasi karena kita sudah punya bangunan PKM sesuai Prototype, olehnya seluruh staf Puskesmas Tiley harus fokus pada upaya peningkatan mutu pelayanan dan kepuasan masyarakat serta membenahi sistem administrasi dan manajemen di puskesmas" kata Victor.

Pada tahun ini, lanjut Victor, Ada 4 Puskesmas yang akan di akreditasi di Kab. Pulau Morotai yakni Puskesmas Tiley, Sopi, Bere-Bere dan Posi-Posi Rao.

Terpisah, dr. Adil Makmur dalam penyampaian materi Akreditasi Puskesmas mengatakan bahwa Akreditasi merupakan pengakuan terhadap Puskesmas yang diberikan oleh lembaga independen penyelenggara akreditasi yang ditetapkan oleh Menteri.

"Pengakuan atas akreditasi ini setelah melalui prosesnya dan dinilai jika puskesmas tersebut telah memenuhi standar pelayanan fasilitas kesehatan tingkat pertama yang ditetapkan untuk meningkatkan mutu pelayanan secara berkesinambungan" ucap dr. Adil

Dalam 7 sampai 9 bulan, pendamping akreditasi akan melakukan pendampingan persiapan akreditasi PKM dan direncanakan akan di survei pada bulan September, sehingga tujuan akreditasi bisa tercapai.

"Tujuan Akreditasi Puskesmas yakni Meningkatkan Mutu Pelayanan dan Keselamatan Pasien. Meningkatkan perlindungan bagi sumber daya manusia kesehatan, masyarakat dan lingkungan serta puskesmas dan Meningkatkan kinerja puskesmas" tutup Nurhani.

Penandatangan komitmen


Sekedar untuk diketahui, kegiatan ini di akhiri dengan penandatangan komitmen bersama akreditasi Puskesmas Tiley oleh seluruh Lintas Sektor yang hadir, dan seluruh staf Puskesmas Tiley. (bs)


Komentar

Berita Terkini