|

Plt Kades Wainib Enggan Melantik Formatur Ketua Pemuda.


SANANA – Sahrul Duwila, Plt Kepala Desa Wainib Kecamatan Sulabesi Selatan, Kabupaten Kepulauan Sula enggan melantik formature Ketua Pemuda yang terpilih dalam forum musyawarah sejak 30 November 2018 di Desa Wainib. Padahal, melalui forum tersebut pemuda Wainib berikhtiar untuk dapat melahirkan aspirasi pemuda ditingkat desa.

Ketua Panitia Amirudin Umagap kepada awak media menjelaskan, terdapat 4 Bakal calon ketua di saat berlangsungnya Musyawarah yaitu, Mulkin Fokaaya dengan suara sebanyak 69, Salamun Galela raih 67 Suara, Sukri Upara raih 12 suara sedangkan Hanafi meraih  19 suara. Sehingga, Mulkin Fokaaya ditetapkan sebagai formatur ketua umum yang semestinya segera dilantik oleh Plt Kades selaku pimpinan tertinggi di pemerintahan desa.

Bagi Amirudin Keberlangsungan musyawarah yang nampak mewah disebabkan keseriusan pemuda untuk betul - betul dapat memajukan serta membangun desa. "Kami lakukan guna melahirkan pemimpin yang betul-betul memajukan, membangun untuk desa pada umumnya sehingya tidak ada kebohongan di lingkungan pemuda seperti yang sudah di rasakan oleh pemuda Desa Wainib,” Ungkapnya.

Terpisah, Formatur Ketua Pemuda,  Mulkin Fokaaya (17/2) membenarkan bahwa sampai sejauh ini dirinya belum dilantik padahal untuk melantik ketua pemuda tidak seharusnya memakan waktu yang begitu lama.

"Kalau Plt Kades memiliki niat yang baik untuk kemajuan pemuda, sudah pasti Plt kades segera melantik ketua pemuda agar senantiasa roda organisasi kepemudaan berjalan sebagaimana mestinya."terangya

"iya memang betul dari hasil pemilihan, sejak November 2018 lalu saya telah terpilih sebagai ketua pemuda Desa Wainib, dan sampai saat ini belum juga di lantik oleh pemerintah desa setempat". Ungkap Mulkin.

Sementara Plt Kades, berulang kali di hubungi tetap beralasan bahwa belum ada anggaran untuk pelaksanaan pelantikan. alasan tersebut dinilai formatur tidak rasional, berhubung pelaksanaan pelantikan tidak menguras anggaran dengan nilai yang besar. Oleh karena itu PLT kades tetap dinilai tidak memiliki jiwa kepemimpinan bahkan bisa dinilai gagal dalam pemerintahannya. tegas Mulkin

Selaku keterwakilan pemuda Desa Wainib, Mulkin akan meng-follow up persoalan tersebut hingga ke tingkat Bupati dengan harapan plt Kades Sahrul Duwila segera di evaluasi. tutupnya.(Ks).
Komentar

Berita Terkini