|

Dinsos Kepsul Distribusikan Rastra Tahun 2019


SANANA-Pagi tadi, pihak Dinas Sosial Kepulauan Sula (Kepsul) serta Pihak Kepolisian mengawal proses pembongkaran Beras Sejahtera (Rastra) dari kapal Fungka Murni di Dramaga Sanana. Pengawalan ini dilakukan untuk mendistribusikan Rastra di Tiga Kecamatan yakni Kecamatan Sanana, Sanana Utara dan Sulabesi Tengah, Kamis (16/05)

Berdasarkan amatan Reportmalut.com dilokasi, proses pengangkutan Rastra di tiga Kecamatan menggunakan mobil truk. Sementara itu, kuota stok Rastra yang distribusi ke Kecamatan Sanana sebanyak 23 ton, 160 Kg, Kecamatan Sanana Utara 15 ton sementara di Kecamatan Sulabesi tengah sebanyak 12 ton, 720 Kg.

Sedangkan untuk Kecamatan lainnya seperti, Sulabesi Barat maupun Sulabesi Selatan kemungkinan proses distribusinya masih menggunakan kapal laut, mengingat biaya mobilisasi terlalu mahal.

Menurut Kadis sosial Rifai Masuku, selain biaya yang sedikit mahal, kondisi jalur transportasi seperti jalan juga tidak terlalu menjaminkan. Untuk itu, dua kecamatan yakni, Kecamatan Sulabesi barat dan Kecamatan sulabesi selatan tetap masih menggunakan kapal.

"Bila proses distribusi sudah kelar diseluruh Kecamatan yang ada di Pulau Sulabesi barulah nanti dilanjutkan ke kecamatan yang belum diadakan proses distribusi seperti, Mangoli selatan dan Mangoli Utara dan juga Mangoli Utara Timur" ujar Rifai

Sementara untuk kuota Rastra yang di terima oleh Keluarga Penerima Manfaat (KPM) selama 6 bulan, setiap KK menerima 60 kilogram. Namun, menurut rivai untuk data penerima di tahun 2019 terjadi penurunan dari tahun sebelumnya.

"Kami tetap masih berpatokan pada data dari Kementerian, karena kami dari pihak Dinsos sifatnya hanya mendata sesuai kepala keluarga yang ada lewat musyawarah di setiap daerah sedangkan kementerian tugasnya membuat validasi data". Pungkas Rifai.(KS)
Komentar

Berita Terkini