|

Peringati Hari AIDS, Bupati Kepsul Ikut Tes HIV-AIDS dan Narkoba


SANANA- Bupati Kepulauan Sula, Hendrata Thes, mengikuti tes HIV-AIDS (Human Immunodeficiency Virus- Acquired Immune Deficiency Syndrome) dan Narkoba yang di selenggarakan oleh Dinas Kesehatan dalam rangka memperingati hari AIDS Se-Dunia di lingkup Pemkab, Senin (02/12) pagi.

Kepala Dinas Kesehatan M. Irvan Pora,  menuturkan, pihaknya akan menyelenggarakan test HIV-AIDS dan narkoba secara terbuka untuk masyarakat Kepsul dalam rangka memperingati hari AIDS se-Dunia.

Sebelum ke masyarakat, Dinkes terlebih dahulu melaksanakan test di Lingkup Pemkab Sula guna menepis isu yang berkembang bahwa Kepsul masuk urutan ke dua penderita HIV-AIDS di Provinsi Maluku Utara.

Padahal, Kata Irvan, untuk wilayah Kepsul sendiri yang positif menderita HIV-AIDS hanya kisaran 20 orang lebih. Berbeda dengan Kota Halmahera Utara (Halut) dan Kota Ternate serta wilayah sekitarnya.

"Kami menginginkan Pemkab duluan melakukan pemeriksaan test HIV-AIDS dan Narkoba, " terangnya.

Tambah Irvan, pemeriksaan HIV-AIDS dan Narkoba di lingkup Pemkab tidak hanya diikuti oleh ASN akan tetapi jajaran pimpinan seperti Bupati, Hendrata Thes yang ikut terlibat melakukan tes HIV-AIDS dan Narkoba sesuai prosedur.

"Bagi saya, sangat luar biasa Bupati ikut test dan memang beliau yang memerintahkan bahwa harus ASN yang duluan ", ungkapnya.

Sebenarnya, lanjut Irvan pihaknya ingin memberitahukan kepada seluruh masyarakat Kepulaun Sula bahwa ASN juga mendukung pemeriksaan HIV-AIDS dan Narkoba. " Jika semua pihak-pihak tertentu telah bersinergi maka tahun depan kami akan buat Komisi Penaggulangan AIDS ", tutupnya. (KS)
Sumber : Tempo.com

Komentar

Berita Terkini