-->
    |

BKKBN Gelar Sosialisasi Pembangunan Keluarga di Pondok Pesantren Al-Mustaqim

Jakarta-Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) lewat Direktorat Bina Ketahanan Remaja (Dithanrem) menggelar kegiatan Sosialisasi Pembangunan Keluarga dengan Tema, "Penyiapan Kehidupan Berkeluarga". Kegiatan ini bertempat di Ponpes Al-Mustaqim Kabupaten Jepara, Minggu (06/09).

Turut hadir, Direktur Dithanrem dr. Victor Palimbong, Deputi Kependudukan sekaligus Plt. Deputi KSPK, Dr. Ir Dwi Listyawardani, M.Sc, Dip. Com dan Direktur KIE, Eka Sulistia Ediningsih SH, M.Si, beserta staf BKKBN, Kepala perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah dan Pimpinan Ponpes Al-Mustaqim, KH. Sholahudin Muksin serta para santri Ponpes.

Kegiatan berjalan dengan protokol kesehatan yang ketat. Kegiatan di mulai dengan pembukaan dan sambutan KH. Solahudin Muksin serta Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jateng, kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan penyerahan KIT. 

Direktur Dithanrem, dr. Victor Palimbong saat dihubungi Reportmalut.com via telepon mengungkapkan, terdapat 3 tujuan utama sosialisasi program Genre yakni, katakan Tidak pada Sex Pranikah, Pernikahan Dini dan Napza.

"Untuk mensosialisaikan 3 hal di atas, perlu sebuah wadah yaitu Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R). Tujuan wadah ini untuk perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja. Dalam PIK-R tersebut ada pendidik sebaya dan konselor sebaya yang berfungsi untuk konsultasi bagi remaja sebaya serta mempersiapkan pernikahan, baik dari segi kesehatan reproduksi, psikologi, maupun sosial ekonomi," Ujar Victor

Victor bilang, sosialisasi kelompok Genre agar generasi yang dihasilkan pada masa depan adalah generasi yang unggul dan memiliki daya saing baik. Apalagi lanjut Victor, tantangan global kedepan membutuhkan SDM yang mumpuni sehingga, BKKBN pun berubah dalam pelayanan pada masyarakat yakni dengan cara keren untuk Generasi unggul sedangkan Dithanrem menjadi  sahabat Millenial/Zilenial.

"Untuk menyiapakan itu semua, maka kita harus memulai dari hulu, yaitu dari Remaja. Mereka anak remaja saat ini harus di edukasi dan diberikan informasi agar mereka benar-benar siap menghadapi masa depan,". Ujarnya

Kegiatan sosialisasi di tutup dengan agenda penyerahan Genre KIT oleh Direktur Dithanrem kepada Pimpinan Ponpes Al-Mustaqim, untuk para remaja di pondok pesantren Al-Mustaqim.(fy)

Komentar

Berita Terkini