-->
    |


MDPI dan Kelompok Nelayan Tuna Gelar Kegiatan Sambut World Fisheries Day


Halsel- Yayasan Masyarakat dan Perikanan Indonesia (MDPI) bersama kelompok nelayan tuna di Desa Waringi, Kecamatan Obi Utara , Kabupaten Halmahera selatan menggelar kegiatan menyambut wolrd Fisheries Day 2020. Rabu (25/11).

Kordinator Kegiatan yang juga Staf MDPI, Siti Zulaiha mengungkapkan, terdapat banyak rangkaian kegiatan yang sangat antusias diikuti oleh warga.

Rangkaian kegiatan World Fisheires Day sendiri, kata Siti, yaitu Sharing Data Information dan Pesta Rakyat. Dimana SDI dilaksanakan di 2 kelompok Tuna Jaya dan Usaha Bersama di Desa Madopolo. Kemudian nelayan berkreasi dengan membuat ilustrasi kondisi ekosistem laut 20 tahun lalu dan saat ini.

"Perbedaan terlihat jelas dari ilustrasi tersebut. Slein itu, nelayan juga memaparkan dengan cara presentasi di hadapan kelompok masing-masing," Ujar Siti.



MDPI, Sambungya, juga membagikan raport hasil tangkapan nelayan periode 2019.

Melengkapi kemeriahan menyambut world fisheries day diadakan pesta rakyat bersama kelompok Nelayan Tuna Beringin Jaya dan masyarakat di Desa Waringi.

Sambungnya, kegiatan pesta rakyat berupa pembersihan pantai dan diadakan lomba dayung serta renang untuk anak-anak. 


"Lomba dayung diikuti 18 orang anak SD, Renang putra 15 orang, Renang Putri 12 orang serta pembersihan sampah," ungkapnya.

Kegiatan ini, Lanjut Siti, melibatkan banyak pihak, diantaranya nelayan 17 orang, pemerintah desa 3 orang, ibu-ibu nelayan 21 orang, anak sekolah dasar 40 orang, SMP 16 orang, guru SD 4 orang dan tiga staf MDPI yakni Marwan Adam, M. Arman Ahmad dan Siti Zulaiha.

"Partisipasi antar nelayan dan masyarakat merupakan kunci keberhasilan pesta rakyat ini. Harapannya dengan kegiatan pesta rakyat ini, membangun kepedulian anak-anak dan masyarakat dalam menjaga lingkungan di desa dan lautan," tutupnya. (fy)

Dokumentasi kegiatan 








Komentar

Berita Terkini