-->
    |


Anggaran Pilkades Desa Fukweu Hanya Rp 20 Juta Lebih

 


SANANA,- Anggaran Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Fukweu, Kecamatan Sanana Utara, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) di anggarkan pada Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBdesa) tahun 2021 senilai Rp. 20 juta lebih. 

Hal itu disampaikan oleh Sekertaris Desa (Sekdes) Basir Umamit kepada Reportmalut.com, Senin (15/03) bahwa, sebelum adanya informasi pelaksanaan pilkades serantak yang berlangsung bulan depan ini, pihaknya sudah lebih dulu menganggarkannya pada APBdesa tahun 2021 berkisar Rp 20 juta lebih yang bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD).

" Untuk anggaran Pilkades kami sudah masukan di APBdesa 2021 karena itu sesuai aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah. Jadi kami di Desa Fukweu menganggarkan kurang lebih 20 juta sekian yang di dalamnya sudah termasuk honor panitia dan sebagainya," ungkapnya.

Tidaknya hanya itu, Basir juga mengaku, perintah untuk menganggarkan anggaran pelaksanaan Pilkades berasal dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD).

" Iya, perintah untuk anggaran Pilkades itu dari DPMD juga," ujarnya. 

Sementara, Basir bilang anggaran Pilkades dengan nilai Rp 20 juta lebih diperlukan hanya untuk pelaksanaan pemilihan saja. Maka sudah cukup.

"  Saya pikir kalau tidak sampai pelantikan kiranya anggaran yang nanti dialokasikan sudah cukup," katanya. 

Wawancara terpisah, Ketua Panitia Pilkades Desa Fukweu, Jalil Umasangadji, menyampaikan pihaknya telah merinci kebutuhan anggaran yang dibutuhkan oleh panitia sekira Rp 29 juta.

" Saya merinci anggaran panitia mulai dari honor hingga belanja Alat Pelindung Diri (APD) berkisar Rp 29 juta," imbuhnya. (KS).

Komentar

Berita Terkini