-->
    |


Bertekad Bangun Akses Jalan Tani, Petani Galang Dana Pembebasan Lahan.

Pekerjaan Pondasi Bahu Jalan Desa (Petani Pala Dusun Suo).
Tidore, - Demi membangun akses jalan tani, Petani Pala di Desa Akedotilou Kecamatan Oba tengah Menggalang Dana Pembebasan lahan akses Jalan tani.

Hal ini dijelaskan Ketua Kelompok petani pala Dusun Suo, Latif Sarif saat di wawancarai. Dirinya menhyampaikan masalah terkait akses Jalan yang berlumpur di tambah aksi pemalangan oleh sebagian warga akibat dari Imbas proses politik. Petani Pala Dusun Suo saat ini bertekad untuk membebaskan lahan akses jalan dengan menggalang dana pembebasan lahan.

" Jalan pigi di  kebun Itu bapece ( Berlumpur. Red ) baru so pele karena urusan politik  jadi torang mau cari dana untuk pembebasan lahan " ungkap Latif.

Latif juga Menjelaskan bahwa langkah awal ini dia mengajak rekan-rekan petani yang ada untuk mengumpulkan anggaran awal dengan cara kerja Proyek Desa. 

" Untuk pertama kali torang kerja proyek desa, Doi ini insya Allah torang tara ambe tapi bayar lahan " jelas Latif.

Partisipasi Masyarakat Dalam Pekerjaan Proyek Desa (Ibu-ibu Petani Pala Dusun Suo)
Petani pala ini juga berharap ada pihak yang peduli terhadap kondisi ini, sekitar 50 Kepala keluarga yang menggantungkan hidup di hasil pertanian pala ini, jarak yang di tempuh 3 KM sehingga menyulitkan petani mengangkut hasil panen ke pemunkiman. 

Saat di konfirmasi terkait persoalan ini, Alifan Kene selaku Sekertaris desa Akedotilou membenarkan persoalan tersebut, dirinya menjelaskan bahwa  pemerintah desa sementara belum bisa menggambil langkah terkait persoalan ini. 

" Iya masalah itu benar adanya, untuk sementara kami  pemerintah desa belum bisa menggambil langkah untuk masalah yang ada karena Kades dan Aparatur desa masih baru, kami akan kordinasi dengan pemerintah daerah terkait hal ini nanti " jelas Alifan

Alifan menambahkan " Untuk sementara kami tetap merespon persoalan ini dengan terus memberikan dukungan dan berupaya agar pemilik lahan mau memberikan sedikit tanahnya untuk pembangunan akses jalan " tambahnya.

Petani Pala Galang Dana dengan Melakukan Pekerjaan Proyek Desa
Sekertaris desa ini juga menjelaskan bahwa Tanaman Pala ini juga termasuk salah satu potensi desa Akedotilou, untuk petani pala di Dusun Suo sendiri hasilnya cukup besar, kisaran tanaman pala ini bisa mencapai 30 hektar yang sudah panen dan 20 hektar masih proses tanam, jelasnya.

Kepada warga Desa Akedotilou agar tetap mendukung Program pemerintah desa dalam pembangunan khususnya di bidang pertanian, harap Alifan. sebab di Desa akedotilou, masyarakatnya berprofesi sebagai petani Kelapa, Pala dan cengkeh.

"Kami berharap kepada seluruh masyarakat mari dukung program pemerintah, utamanya di bidang pertanian. Desa ini basis masyarakatnya berprofesi sebagai petani kelapa, pala dan cengkeh, sehingga akses jalan itu sangat di butuhkan guna meningkatkan produktifitas petani " harap Alifan. (BB's)*



Komentar

Berita Terkini