-->
    |

MDPI Gelar World Fisheries Day Bersama Nelayan Pulau Bisa

Halsel- Staf MDPI bekerjasama dengan Nelayan Fair Trade Pulau Bisa Kabupaten Halmahera Selatan melakukan rangkaian kegiatan menyambut World Fisheries DayHari Perikanan Dunia tahun 2021.

Kegiatan hari pertama dilaksanakan pada hari Jumat, tanggal 19 November 2021. Di mana kegiatan ini dimulai dengan sosialisasi terkait perikanan berkelanjutan yang dilakukan di Balai Desa Madapolo Timur.  Kegiatan ini dihadiri oleh Pemerintah Desa, nelayan umum, nelayan Fair Trade Madapolo Timur, nelayan Fair Trade Madapolo Barat, Tokoh Agama, dan Staf MDPI.

Sosialisasi ini dibuka secara resmi oleh Kepala Desa Madapolo timur, Nujul Zaami. Dalam sambutannya Kades menyampaikan bahwa MDPI yang hadir di Madapolo selama 4 tahun telah memberikan perubahan terhadap masyarakat nelayan dan membantu pemerintah desa karena sudah mengajak nelayan untuk sama-sama menjaga lingkungan laut. 

Kemudian dilanjutkan dengan materi pertama terkait perikanan berkelanjutan yang di sampaikan langsung oleh 2 Nelayan Fair Trade Alwan Saadi dan Aswat Jamaludin. 

Materi yang di sampaikan tentang sumber daya ikan tuna yang sampai saat ini menjadi tanda tanya besar terhadap nelayan skala kecil di Pulau Bisa. Hal ini lantaran belum ada solusi dari pemerintah terkait regulasi yang mengatur sehingga kapal-kapal dan rumpon bisa tertata sesuai aturan yang berlaku yang di keluarkan oleh pemerintah. 

Harapannya, nelayan dapat lebih mudah mencari ikan tuna serta fishing ground lebih dekat dan tidak harus bermalam berhari- hari.

Kemudian dilanjutkan dengan materi terkait Ekosistem laut yang disampaikan langsung oleh 2 nelayan champion yakni Sarno Lajiwa dan Suharlan Arisa.

Keduanya menjelaskan bahwa semua nelayan harus bersama-sama menjaga laut, dengan cara jangan membuang sampah di laut dan dilarang membunuh hewan-hewan laut yang di lindungi sehingga laut kita tetap terpelihara demi anak cucu kita di kemudian hari. 

Rangkaian sesion ini kemudian dilanjutkan dengan menonton beberapa video bersama nelayan terkait dengan pendataan, ekosistem laut dan pencemaran lingkungan akibat sampah.



 

Sementara kegiatan hari kedua Sabtu (20/11/2021) digelar lomba dan sosialisasi yang diikuti oleh siswa di empat sekolah dasar yakni SDN 206, SDN 207, SDN 109 dan SDN 41 Kabupaten Halmahera Selatan.

Kegiatan ini bertujuan untuk memeriahkan Hari Perikanan Dunia rangkaian kegiatan lomba. yakni  lomba nemindahkan air secara estafet, lomba panjat pinang di atas air laut dan lomba tarik tambang menggunakan perahu. 

Semua rangkaian kegiatan ini memberikan edukasi kepada anak-anak  utuk terus menjaga lingkunagan dari sampah. Sehingga laut kita tetap bersih. Laut bersih, banyak ikan nelayan sejahtera. (fy)

Komentar

Berita Terkini