-->
    |

Bumdes " Mati Suri" Sekjen Kemendes Bakal Turun ke Kepsul


Reportmalut.com,- Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kepulauan Sula, Rahmat Sillia menyebut seluruh Bumdes di Kepsul 'mati suri'. 

Hal ini disampaikan lantaran, kadis melihat Bumdes di kepulauan Sula hampir semuanya tidak jalan. Padahal menurutnya, ketika Bumdes itu aktif sudah barang tentu desa bersangkutan akan mendapat bantuan-bantuan dari pemerintah pusat.

" Tapi kalau tidak ada maka desa tersebut tidak mendapat bantuan dari pemerintah pusat, sebab bantuan tersebut disalurkan melalui Bumdes. Sedangkan kalau kita lihat di Kepulauan Sula ini, Bumdes hampir seluruhnya 'mati suri' ," ungkapnya kepada Reportmalut.com, Kamis (12/05). 

Nyatanya, anggaran Bumdes itu menggunakan penyertaan modal guna ada pemasukan atau pendapatan untuk desa." Jika Bumdes tidak jalan minimal modalnya ada. Tapi ini sama sekali dua-duanya tidak jalan," tambah Rahmat.

Pihaknya, berencana turun melakukan evaluasi Bumdes seluruh desa namun, untuk saat ini dirinya masih disibukan dengan agenda lain yang itu juga sangat penting. Tidak hanya itu, gegara persoalan Bumdes di Kepulauan Sula saja pada 26 Mei 2022 nanti Sekjen Kemendes dan direktur akan datang ke Sula. (KS).

Komentar

Berita Terkini