-->
    |


Bupati Sula Terima Penghargaan Tunas Bahasa dari Kemendikbud Riset

 

JAKARTA ,Reportmalut.com – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset, dan Teknologi, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Pusat Pengembangan Perlindungan Bahasa dan Sastra, melaksanakan Festival Tunas Bahasa Ibu Nasional di Balai Room Hotel Sultan Jakarta, 12-16 Februari 2023.

Dalam Acara tersebut, Menteri Pendidikan Riset dan Teknologi RI juga memberikan Penghargaan Kepada 16 Kepala Daerah Provinsi dan Kabupaten/ Kota termasuk Kabupaten Kepulauan Sula.

Nadiem Anwar Makarim, Mendikbudristek mengatakan, penghargaan kepada kepala Daerah agar terus memberikan sport terhadap pengembangan dan melestarikan bahasa daerah termasuk Kabupaten Kepulauan Sula.

“Sebab bahasa adalah budaya bangsa yang harus terus dilestarikan,” ucapnya, berdasarkan pers liris yang di terima melalui Kabag Humas dan protokol Pemda Kepsul, Maulana Usia, Selasa (14/2/2023).

Terpisah, Bupati Kepulauan Sula, Fifian Adeningsi Mus mengatakan, Pemda Kepsul  tetap terus berkomitmen menjaga dan merawat Bahasa Daerah sula, agar tetap lestari dan tidak punah.

“Sehingga program ini telah dimasukkan dalam kurikulum muatan lokal yang diajarkan disekolah,” ujarnya.

Ia juga berpesan, agar dilingkungan masyarakat dan atau pertemuan resmi seyogyanya harus mengucapkan kata-kata bahasa sula.

Perlu diketahui, Festival Tunas Bahasa Ibu Nasional tersebut, akan diselenggarakan di Hotel Century Park Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat pada tanggal, 12-16 Febuari 2023, berdasarkan surat pemberitahuan dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan Riset, dan Teknologi, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dan Sastra dengan Nomor: 0269/I2/BS.00.02/2023.

Di Maluku Utara, ada 13 peserta yang dinyatakan mengikuti Festival Tunas Bahasa Ibu Nasional. Kepulauan Sula sendiri, masuk dalam kategori Peserta terbanyak, yakni 7 orang peserta.

Adapun nama-nama peserta Maluku Utara yang mengikuti Festival Tunas Bahasa Ibu Nasional di Jakarta, sebagai berikut:

Kota Ternate:

1. Nakhla Shafana Azalea.

2. Syakilah A. Nadhira Sifjan

3. Fikri M. Ibrahim.

Kepulauan Sula:

1. M. Alfajri Syarfif.

2. Athirah Adelia.

3. Nursavitri Upara.

4. Ibnatun Qonita Afendi.

5. Rian Tidore.

6. Savera Putri Buamona.

7. Jihan Fatgehipon.

Halmahera Utara:

1. Arumi Iryanti Punama.

2. Agnes Nora Fita Mancereni.

Halmahera Selatan:

1. Febry Mediyana Yusuf. (NOAH)

Komentar

Berita Terkini