-->
    |


Hadiri Wisuda Universitas Nuku, Walikota Tikep Janjikan Beasiswa Pascasarjana



Tidore, Reportmalut.com-Sebanyak 68 orang mahasiswa Universitas Nuku resmi menyandang Gelar Sarjana Strata satu (S1) setelah diwisuda oleh Rektor UNNU, pada Sidang Senat Terbuka dalam rangka Wisuda Sarjana Angkatan ke 15 dan Dies Natalis Universitas Nuku ke 21 Tahun Akademik 2022-2023, berlangsung di Aula Universitas Nuku Tidore. Rabu (15/5/2023)

Mahasiswa berasal dari Enam Fakultas yang terdiri dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Pertanian Kehutanan, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik dan Fakultas Perikanan dan Kelautan, Berdasarkan surat keputusan Rektor Universitas Nuku Nomor : 205/SK/R-UNNU/D/IV/2023, tentang Wisuda Sarjana Universitas Nuku Tidore.

Walikota Tidore Kepulauan Ali Ibrahim, turut menghadiri acara wisuda Universitas Nuku. Dalam sambutannya, Walikota mengucapkan selamat kepada wisudawan dan sebuah kehormatan mengikuti proses yang agung dalam dunia pendidikan tinggi tersebut.

"Atas nama pemerintah daerah, kami menyampaikan selamat kepada para wisudawan. Tak lupa saya sampaikan selamat sekali lagi kepada 9 wisudawan terbaik. Insha Allah, kami Pemda Tikep terus mendukung dan bakal memberikan kesempatan kepada tiga orang para wisudawan terbaik melanjutkan ke jenjang Strata Dua (magister) dan akan dibiayai hingga ke tingkat penelitian. Kami memberikan kesempatan kepada 2 orang dosen terpilih di Universitas Nuku  melanjutkan ke jenjang Strata Tiga (Doktor), ” Jelas Ali Ibrahim

Walikota juga menyampaikan terimakasih serta apresiasi kepada Rektor, Civitas Akademika dan Pengurus Yayasan Pendidikan Nuku Tidore, yang telah ikut andil dalam upaya mendidik sumber daya manusia di Tikep. 

"Peran seluruh Civitas Akademika Universitas Nuku dan Para Wisudawan yang dihasilkan akan sangat penting, karena merekalah yang nantinya menjadi pemimpin, pelaku, dan bagian dari pembangunan Kota Tidore Kepulauan. Saya berharap Universitas Nuku maupun seluruh Perguruan Tinggi di Kota Tidore Kepulauan dapat menghadirkan serta meningkatkan SDM para lulusannya yang handal, berkualitas, kreatif dan inovatif guna menyongsong pembangunan di Kota Tidore Kepulauan ", Tutupnya.


Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah XII Provinsi Maluku dan Maluku Utara, Tjance Edwar Lekatompessy, dalam sambutanya menyampaikan Universitas Nuku  adalah kampus yang akuntabilitasnya sangat tinggi. 

“Kita telah menyelesaikan Rakor pada tangal 11 kemarin dan Kampus Nuku meraih penghargaan sebagai Kampus Pengelola Pangkalan Data Pendidikan Tinggi Terbaik dari 47 Perguruan Tinggi di wilayah Maluku dan Maluku Utara. Data yang kami dapatkan dari PDDikti, Nuku telah terakreditasi baik institusi maupun akreditasi program studi.  Saya berharap kampus ini  menjadi kampus yang unggul. Jika sekarang akreditasi masih berada pada tingkat B (Baik Sekali) atau peringkat (Baik), maka Universitas Nuku  lebih berusaha lagi  agar meraih gelar menjadi pringkat unggul. Selain itu, perlu adanya penambahan program studi dan pengembangan SDM kekininian ". Ujar Jance.

Tjance juga menyampaikan terima kasih kepada Walikota Tidore Kepulauan dan Pemerintah Daerah yang sudah memberikan bantuan serta dukungan  kepada Universitas Nuku. Terutama menyekolahkan dosen-dosen Universitas Nuku sampai Program Doctor dan memberikan kesempatan kepada  lulusan terbaik wisudawan hingga ke jenjang program magister.

Sementara, Rektor Nuku Idris Sudin dalam sambutannya menyampaikan bahwa keberadaan Perguruan Tinggi khususnya di Tikep merupakan salah satu potensi yang berpengaruh pada percepatan kemajuan daerah. 

Berangkat dari kesedaran tersebut, Lanjut Rektor, Universitas Nuku akan terus berupaya mengembangkan perguruan tinggi ini dengan semangat dan tekad “ Bermutu atau Mati"  melalui penataan sistem dan tatakelola kelembagaan, kurikulum dan pembelajaran serta kegiatan kemahasiswaan dalam lingkup pelaksanaan Tridarma Perguruan tinggi, berorientasi pada peningkatan jumlah dan kualitas lulusan atau mutu keluaran yangh semakin baik.

Lanjut Rektor, sejak tahun 2022-2023 universitas Nuku terus memperhatikan 6 aspek yakni  pendidikan dan pembelajaran, status  akreditasi lembaga, tata kelola kelembagaan, penelitian dan kinerja dosen,  kinerja pelaporan akademik kemahasiswaan dan  aspek kemahasiswaan serta alumni.

" Saya menyampaikan terima kasih kepada Pemkot Tikep atas bantuan dan kebijakan daerah yang menopang jalannya proses belajar mengajar di Universitas Nuku," tutupnya.

Ketua Yayasan Universitas Nuku, Asgar Ari Akbar dalam sambutannya mengatakan, kedepan yayasan, pimpinan dan civitas akademik telah mencanangkan peningkatan sarana dan prasarana pendidikan yang meliputi lahan dan bangunan serta fasilitas pembelajaran, serta sumber daya manusia khususnya dosen. 

"Yayasan dan Rektor Universitas Nuku mewujudkan komitmennya yang tinggi bagi pengembangan dosen, baik meallui fasilitas menempuh pendidikan S2dan S3 maupun keterlibatan dalam riset dan kajian. Sehingga Universitas Nuku dapat menjadi pilihan bagi insan bekualitas untuk berkarya” Tutup Asgar. (AR)

Komentar

Berita Terkini