-->
    |



Menyalagunakan Dana Desa, 16 Kades di Kepsul Dinonaktifkan



SANANA,Reportmalut.com- Sebanyak 16 Kades di Kabupaten Kepulauan Sula bakal dinonaktifkan lantaran menyalagunakan Dana Desa

Perihal tersebut disampaikan oleh Wakil Bupati Kepsul, H.M, Saleh Marasabesy kepada sejumlah Awak Media. 

"Dilihat dari hasil audit Inspektorat, di 16 Desa ada temuan penyalahgunaan Dana Desa. Jadi harus dinonaktifkan agar kadesnya jalani pemeriksaan,” katanya, Selasa (30/5/2021).

Menurutnya, Kades yang dinonaktifkan bisa dikembalikan jabatannya asalkan dapat menyelesaikan masalahnya terkait penyalahgunaan DD di Inspektorat.

“Tapi kalau tidak bisa diselesaikan, maka posisi kadesnya di lanjutkan oleh pejabat sampai dengan Pemilihan Kepala Desa.

Penonaktifan Kepala Desa, Lanjut Wabup,  merupakan persoalan yang wajar demi perkembangan dan keberlangsungan pembangunan sebuah desa.

“Kami menginginkan setiap desa di Kepulauan Sula harus maju. Tapi kalau dipimpin oleh Kades-Kades yang tak bertanggung jawab ini kan masalah,” imbuhnya.

Dirinya mengingatkan, penonaktifan 16 kades  yang bermasalah jadi pembelajaran untuk Kades-Kades yang aktif sekarang agar belajar dari masalah kades yang dinonaktifkan sehingga lebih tertib dalam kelola Dana Desa. (NOAH)

Komentar

Berita Terkini