-->
    |



Wakil Bupati Kepsul Resmikan Rumah Kopra Putih di Desa Mangoli


SANANA,Reportmalut.com-Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Sula H. M. Saleh Marasabesi, meresmikan rumah kopra putih di Desa Mangoli, Kecamatan Mangoli Timur. Bantuan rumah produksi kopra putih ini dibangun beberapa waktu lalu dan kini telah rampung, dan diresmikan Wabup, Selasa (24/10) kemarin.

Dalam peresmian itu, Wakil Bupati Sula didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Rahmat Hidayat Sillia dan Kepala Bagian Pemerintahan Setda Sula Suwandi Haji Gani, serta perwakilan dari Kemendes PDTT.

Wakil Bupati Kepulauan Sula M. Saleh Marasabesi, saat dikonfirmasi, Jumat,(27/10/2023) menyampaikan, bahwa bantuan rumah kopra putih ini membuka peluang untuk meningkatkan kesejahteraan desa, khususnya masyarakat yang ada di Desa Mangoli dan sekitarnya.

“Alhamdulillah dengan adanya bantuan rumah kopra putih dan sejumlah alat produksi kopra dan minyak goreng dari Kemendes ini sangat membantu untuk dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, juga merupakan proses perubahan pola pikir untuk harus selangkah lebih maju. Jadi bagaimana berpikir tentang perekonomian masyarakat,” ucapnya.

Keberadaan rumah kopra putih ini, Lanjut Wabup,  sangat berdampak pada perkembangan ekonomi masyarakat, karena memiliki nilai jual yang tinggi Kopra putih memiliki harga yang sangat berbeda dengan kopra asal-asalan. Apalagi saat ini ada juga bantuan alat untuk pembuatan minyak kelapa yang justru lebih untung.

“Untuk itu saya mengimbau BUMDes Mangoli supaya bisa bekerja sama dengan petani kelapa agar saling memperkuat dan saling menguntungkan. Artinya tidak untung sepihak. BUMes untung, petani juga untung. Sehingga mitra terus terjalin yang memiliki tujuan kopra putih dan produksi minyak goreng atau kelapa dapat dikembangkan,” pintanya.

Sementara Direktur Pembangunan Sarana Prasarana Dirjen PDTT Kemendesa RI, Sofyan Hanafi, berharap dengan adanya rumah kopra putih ini dapat menambah pendapatan ekonomi masyarakat tingkat bawah

“Kami memandang bahwa dengan adanya kegiatan ini harapannya dapat memberi nilai tambah. Dengan begitu, tomatis kesejahteraan masyarakat akan meningkat,” tutupnya,(NOAH)

Komentar

Berita Terkini