|

Dinkes Kab. Pulau Morotai Menyambut Positif Fatwa MUI

Foto : Kadis Kesehatan Morotai, dr. Victor Palimbong

Morotai-(03/07/2018). Dinkes Kab. Kepulauan Morotai menyambut positif Fatwa MUI dalam rangka kampanye dan instruksi imunisasi Measles Rubella (MR) oleh Kemenkes RI Tahun 2017 dan 2018. Hal ini di dasarkan atas rekomendasi MUI no : U-13/MU/KF/VII/2017 tanggal 31 juli 2018 yang di rujukan ke Dirjen P2P Kementrian Kesehatan RI dengan memperhatikan Fatwa MUI Nomor 4 Tahun 2016 tentang imunisasi dan penjelasan dari Kemenkes RI tentang persiapan pelaksanaan imunisasi Measies Rubella (MR) tahun 2017 dan 2018.

Dalam surat rekomendasi tersebut terdapat 7 Poin dari Dewan Fatwa MUI diantaranya penggunaan vaksin Measles Rubella (MR) halal, menjamin ketersediaan dan pemerintah wajib mengimplementasikan keharusan sertifikasi halal seluruh produk vaksin termaksud vaksin Measles Rubella (MR) dan beberapa point penting lainnya  Ujar Kabid P2P Dinkes Kab. Pulau Morotai Syharil Adam.

Terpisah, Kadis Kesehatan Kab. Pulau Morotai dr. Victor Palimbong kepada wartawan mengatakan bahwa dirinya atas nama pemerintah Kab. Pulau Morotai siap mendukung dan melaksanakan kampanye imunisasi Measles Rubella (MR) yang di rekomendasikan oleh MUI tersebut. "Kami akan melakukan kampanye dan isntruksi Imunisasi Measles Rubella (MR) mulai tanggal 4 Agustus sampai September dan kami menjamin vaksin yang di gunakan merupakan vaksin efektif dan menunggu proses sertifikasi kehalalan sesuai dengan fatwa MUI."

Sambungnya " pemakaian vaksin Measles Rubella (MR) akan dapat memberikan jaminan kemanan kepada  masyarakat secara aman. Apalagi saat ini, penggunaan Vaksin Measles Rubella merupakan program nasional yang harus di inplementasikan secara total sesuai target yakni 90-98 % dan patut di ketahui bahwa kampanye penggunaan Vaksin Measles Rubella (MR) telah berhasil di 22 Negara Muslim Dunia seperti Arab saudi, Turki, dan Maroko. Olehnya itu, kami atas nama pemerintah Kab. Pulau Morotai akan bekerja keras menjamin program ini terimplementasi dengan baik. tutup dr. Victor Palimbong. (Fy)*

Komentar

Berita Terkini