|

Cuaca Buruk Masih Akan Terjadi Tiga Hari Kedepan Di Wilayah Malut


TERNATE-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memastikan bahwa cuaca buruk yang terjadi di Maluku Utara beberapa hari ini masih akan terjadi selama tiga hari kedepan. Kondisi ini karena di wilayah Maluku Utara bagian utara sedang mengalami kondisi cuaca sirklain atau belokan angin.

"Pengaruh utamanya adalah faktor regional, jadi kondisi cuaca sirklain atau belokan angin yang terjadi di wilayah Maluku Utara bagian utara, disamping itu adanya palung sehingga menyebabkan cuaca buruk beberapa hari ini. Cuaca buruk tersebut diperkirakan tanggal 30 Januari 2019 mendatang sudah mulai redah" ujar Satria Khidra Nugraha S,Tr, prakirawan BMKG Maluku Utara saat ditemui di ruang kerjanya, BMKG Stasiun Metereologi Kelas I Sultan Babullah Ternate pada (28/01).

Satria mengatakan, di Maluku Utara bagian utara sendiri merupakan wilayah yang memiliki dampak paling tinggi dari fenomena ini. Untuk itu perlu kiranya agar di waspadai di beberapa kabupaten kota seperti Morotai, Tobelo, Galela, dan Ibu.

Untuk tinggi gelombang di Maluku Utara, Badan Meteorolgi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini lewat rilis tertulis yang dimulai pada tanggal 26 hingga 27 Januari 2019 yang masing-masing berlaku selama tiga hari.

"Wilayah yang paling berdampak juga ada di wilayah Utara, gelombangnya antara 3 meter dan bisa sampai 4 meter. Sementara untuk wilayah Ternate sendiri hingga saat ini 2 hingga 3 meter" kata Satria.

Sementara untuk tingkat curah hujan di setiap daerah masing-masing berbeda-beda. Curah hujan yang paling tinggi terdapat di wilayah utara yakni di Morotai, Tobelo, Galela, Ibu di prediksi akan mengalami hujan lebat. Sedangkan Kota Ternate sendiri yang paling dominan adalah angin yang cukup kencang dan untuk cura hujannya di perkirakan intensitas ringan sampai sedang.

Tak lupa, Satria juga menghimbau kepada masyarakat terutama nelayan dan para penguna jasa penyebrangan laut diharapkan agar tetap waspada dan selalu menanyakan kondisi cuaca kepada instansi-instansi terkait, pungkasnya. (Imha)
Komentar

Berita Terkini