|

Bawaslu Kepsul Bakal Melakukan Adiyaksa Pemilu


SANANA- Dalam waktu dekat Bawaslu Kepulauan Sula (Kepsul) bakal melakukan kegiatan Adiyaksa pemilu. Adiyaksa pemilu ini dilakukan dalam bentuk pramuka yang akan melibatkan siswa tingkat SMA dan Panwas Kecamatan seluruh Kepsul.

Ketua Bawaslu Kepsul, Iwan Duwila mengatakan, Bawaslu Kepsul bakal melakukan Adiyaksa pemilu. Untuk pelaksanaan, belum bisa dipastikan namun dipastikan akan dilakukan dalam waktu dekat. Agenda pramuka ini adalah agenda nasional.

“Kami akan melibatkan seluruh Panwascam di Kepsul dan siswa di kalangan SMA. Dalam agenda ini, meski nuansanya pramuka, tetapi bukan berarti peran sebagai pengawas pemilu akan dilepaskan. Tetapi akan melakukan sosialisasi terhadap pemilih pemula,” kata Iwan ditengah rapat bersama awak media dan teman-teman pramuka, Senin (4/2). 

Kordiv Pengawasan Bawaslu Kepsul, Risman Buamona berharap kegiatan ini bisa menjadi pengawasan partisipatif. “Partisipatif sebenarnya bukan hanya di pramuka, tetapi masyarakat, media dan lain-lain juga bagian dari pengawas partisipasi.

“Kami harap pramuka dapat membantu Bawaslu dan seluruh jajarannya dalam rangka mengawasi keterlibatan ASN dan juga netralitas penyelenggara disetiap tahapan,” harapnya.

Pramuka kebanyakan pemilih pemula, lanjutnya, mereka juga pemakai media sosial yang aktif, dengan begitu mereka pun bisa ikut mensosialisasikan ke medsos. “Pramuka ini bukan hanya agenda seremoni semata, tetapi juga memiliki manfaat yang lebih efektif dalam hal pengawasan pemilu akan datang,” ungkap Risman.

Sekedar diketahui, dalam kegiatan Adiyaksa pemilu ini, jumlah pesertanya sebanyak 128 orang. Terbagi dari Panwascam seluruh Kepsul sebanyak 48, siswa SMA 50 orang dan media dan pengurus dari Provinsi.(KS)
Komentar

Berita Terkini